Tujuh Benda Wajib Yang Harus Dibawa Saat Bepergian

Barang wajib traveling (tulisanfebri363)

BARANG WAJIB TRAVELING

Traveling atau bepergian dengan tujuan untuk healing memang menyenangkan bagi semua orang, terlebih sudah dijadwalkan dengan baik dan jauh hari sebelumnya. Tapi jangan sampai mood kita berkurang disebabkan oleh adanya barang yang tertinggal, pasti bikin sebel dong. Nah jangan sampai ya kita mengalaminya, karena bisa merusak arti atau makna kebahagiaan saat traveling itu sendiri. 

Nah, berikut adalah barang wajib yang harus dibawa saat traveling. Masukkan ke dalam list bawaan kalian ya. Jangan sampai ada yang tertinggal :

1. Tas Travel 

Nah untuk ini, menjadi point penting. Karena tas akan menjadi wadah untuk menampung semua perlengkapan yang kita butuhkan selama jauh drai rumah. Tentunya bisa disesuaikan dengan barang bawaan dan tempat tujuan kita. Jika kita merasa bepergian sebentar dan tidak dalam waktu lama. Pastinya cukup membawa tas ransel saja. 

Tetapi jika memang tujuan traveling kita agak lama. Tentunya membawa koper jauh lebih nyaman dengan kapasitas daya tampung yang lebih besar. Jangan lupa menyiapkan tas cadangan untuk wadah oleh-oleh juga ya. Tas praktis yang bisa dilipat kecil pastinya sangat membantu dan tidak memakan tempat. 

2. Pakaian 

Tentunya ini satu paket ya, mulai dari pakaian luar hingga dalaman. Termasuk hijab bagi muslimah yang menginginkan rasa nyaman dengan berganti setiap selesai mandi. Kalau saya pribadi, serasa ada yang kurang aja jika badan udah bersih dengan sabun mandi yang membuat badan bersih dan wangi. Ehhh bajunya ga ganti, jadi berasa gerah euy. 

Lanjut ya, jangan lupa pula bawa baju cadangan untuk berjaga-jaga di saat kemungkinan buruk terjadi. Seperti saat baju kita hilang, rusak, sobek ataupun tiba-tiba terkena noda yang tampak mata dan membuat kita ga pede. Terlebih, hal ini bertujuan supaya kita tidak perlu merogoh kocek dalam untuk membeli baju yang pastinya akan menguras kantong di lokasi tujuan traveling. 

3. Uang Tunai 

Jangan sampai kalian lupa bawa uang tunai gaess. Karena tidak semua tempat menyediakan pembayaran menggunakan kartu debit ataupun dompet digital. Tentunya bawalah uang seperlunya saja. Untuk keamanan, pastinya bisa kita bagi ya dalam meletakkannya. Bisa di dalam tas sebagian, dan sisanya lagi di dalam kantong baju atau  kantong yang ada pada tas. 

Oia jumlahnya pun bisa kalian sesuaikan ya. Tentunya jangan terlalu banyak  untuk menghindari tindak kriminal ataupun terlalu sedikit untuk menghindari tidak terpenuhinya kebutuhan saat perjalanan. 

4. Dokumen Penting 

Dalam hal ini, KTP atau SIM (jika membawa kendaaraan) tentu menjadi barang wajib yang ga boleh tertinggal ya. Terlebih 2 benda ini adalah dokumen yang bersifat sebagai tanda pengenal diri. Kalau bepergian ke luar negeri. Jangan lupa juga untuk membawa paspor yang akan menyelamatkan kita di bandara negara tujuan ataupun terbebas dari pemeriksaan imigrasi negara lain. 

Nah, jika kita harus naik transportasi umum. Jangan lupa menyiapkan tiket dengan baik supaya mudah dalam melakukan perjalanan. 

5. Perlengkapan Mandi 

Nah, point yang satu ini sering dilupakan oleh para pelancong. Terkadang kita berpikir bahwa di hotel atau penginapan sudah menyiapkan perlengkapan mandi tersebut. Tetapi tidak ada salahnya dong, jika kita membawa sendiri untuk berjaga-jaga. Saya sendiri sudah terbiasa membawa perlengkapan mandi. Karena memakai barang hotel biasanya membuat tidak nyaman karena tidak sesuai dengan kebiasaan yang kita lakukan sehari-harinya saat mandi di rumah. 

6. Handphone

Benda canggih ini pastinya harus masuk dalam daftar wajib traveling kamu nih. Secara melalui handphone lah kita akan tetap bisa terhubung kepada keluarga atau orang terkasih yang jauh dari pandangan mata. Pastikan juga membawa chargerannya ya, untuk mengisi daya saat telah habis. Handphone juga berguna untuk mengarahkan kita mengikuti arahan maps atau waze saat kita tersesat lho di tempat orang lain. Selain itu dengan handphone kita bisa mendokumentasikan pengalaman seru sepanjang perjalanan di kala moment travelling. 

7. Obat-obatan 

Sedia payung sebelum hujan. Biasakan untuk membawa obat-obatan pribadi yang pastinya akan membantu jika kita butuhkan. Pastikan menyimpan obat-obatan di tempat yang sekiranya mudah dijangkau dan diambil sewaktu-waktu saat kita butuhkan. 

Nah itu tadi tujuh benda wajib yang harus kita siapkan dan jangan sampai lupa untuk terbawa saat bepergian. Mau itu perjalanan jauh ke luar kota ataupun perjalanan ngetrip singkat dalam kota. Termasuk saat kita pergi mengunjungi kolam renang seperti tulisan teman saya ruang umma  yang selalu menyiapkan semua kebutuhannya bersama keluarga dengan baik dan prepare jauh hari sebelumnya. 

***

Komentar

Wichan mengatakan…
Nomor 2 itu penginnya gak usah bawa sih, asli paling rempong itu urusan pakaian kalau aku.