Bisa Ngapain Aja di Alun-Alun Kota Malang?

 

Hal yang bisa Dilakukan Di Alun-Alun (tulisanfebri 369)

MAIN KE ALUN-ALUN

Perlu hiburan murah meriah dan berkesan untuk keluarga atau teman? pergilah ke alun-alun yang ada ke tempatmu. Secara di setiap sudut daerah manapun pasti ada yang namanya alun-alun terletak di pusat kota. Masuk alun-alun ini gratis ya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Palingan kita hanya diminta membayar parkir saja sebesar Rp 2.000 untuk motor. 

Alun-alun dahulu merupakan pusat kegiatan masyarakat. Sudah ada di jaman kerajaan Majapahit sebagai tempat sakral untuk mengukuhkan jabatan dan juga sebagai pesta rakyat. Tempatnya berhadapan dengan bangunan-bangunan umum seperti Masjid Jami', kantor pos, Pusat pemerintahan, toko-toko dsb. 

Kalau di kota Malang sendiri, alun-alun terletak di pusat kota ya. Diputerin oleh beberapa fasum seperti masjid Jami yang bersebelahan dengan Gereja, kantor pos, mall, kantor pemerintah Kabupaten, Bank Indonesia dan beberapa tempat publik lainnya. 

Nah, lanjut ya. Bisa ngapain aja sih kalau kita main ke alun-alun ini. Berikut saya uraikan hal-hal yang bisa kita lakukan jika main ke alun-alun. Disebabkan saya mainnya ke alun-alun kota Malang jadi gambar yang diambil adalah saat saya bersama 2 buah hati main ke alun-alun di malam hari. 

BISA NGAPAIN AJA MAIN KE ALUN-ALUN? 

Naik Kereta Kencana  : Ini pertama kali yang saya lakukan ya. Yaitu mengajak anak-anak naik "kereta kencana". Kereta ini adalah modifikasi dari kendaraan roda tiga yang didesain sedemikian rupa. Diberi tepat duduk yang disusun bertingkat untuk mengangkut penumpang. Tarifnya Rp 5.000 untuk sekali jalan dan kita akan diajak mengelilingi keindahan pusat kota dengan hiruk pikuknya. 

Makan Es Puter Jadul  : Dulu, masih ingat banget deh setiap ke alun-alun ga lengkap kalau tidak mencicipi es puter. Es puter jadul ini memiliki rasa khas. Es nya lembut dan diserut dari gentongnya. Rasanya manis dan disuguhkan di atas gelas kaki berukuran pendek yang khas. Ada beberapa penjual es puter di alun-alun Malang ini. Mungkin bisa jadi ada atau tidak ya kalau di daerah kalian, karena berbeda wilayah beda pula kebiasaannya kan. 

Nongkrong Di Banyak Sudut : Lanjut, untuk bisa nongkrong cantik di sini kita cukup mencari kursi yang kosong. Ada banyak kursi besi yang dilas permanen supaya tidak dapat dipindahkan posisinya. Nah kita bisa langsung mencari kursi kosong di sekitar alun-alun ya untuk menikmati pemandangan sekitar. Ada pula tempat duduk yang dicor permanen terbuat dari semen supaya tahan terhadap  air hujan dan panas. Tempat duduknya disusun berundak seperti kita duduk di bioskop. Nah tempat duduk seperti ini banyak dijadikan oleh mahasiswa sebagai tempat diskusi atau kegiatan positif lainnya. 

Melihat Keindahan Air Mancur : Air mancur ini terletak di tengah alun-alun. Memiliki pagar sebagai pembatasnya demi keamanan pengunjung. Air mancur di alun-alun kota Malang ini akan dimatikan jika malam hari dan akan dinyalakan pagi hari. Biasanya di sinilah arena wajib orang-orang untuk berfoto. 

Main di Playground : Playground juga tersedia di sisi selatan alun-alun ini.  Ada dua jenis playground yang bisa dinikmati oleh anak-anak yaitu arena ayunanan dan arena prosotan. Di sisi barat kita akan melihat playground yang terdiri beberapa ayunan besi dengan berbagai macam desain. Di sebelahnya ada arena prosotan yang bisa kita manfaatkan untuk bermain bersama si kecil. Tenang, ada pagar pembatas yang membuat kedua arena bermain ini aman ya. Selain itu ada pula arena olahraga yang terbuat dari besi juga.

Berfoto di Banyak Spot : Ini yang ga kalah penting ya. Yaitu arena foto spot di setiap sudut alun-alun kota Malang. Jangan lupa juga untuk berfoto di sudut Utara Alun-alun yang bertuliskan Alun-Alun Malang. Dengan huruf berjejer, spot ini menjadi favorit pengunjung karena identitas Malang di dalamnya. 

Merasakan Semilir Pepohonan : Kalau ini ga perlu diragukan lagi ya. Kita cukup duduk baik lesehan ataupun di kursi yang disiapkan untuk menikmati udara yang dihasilkan oleh pepohonan tua yang umurnya sudah ratusan tahun. Pohon berukuran besar itu menjadi sumber oksigen bagi para pengunjung

PENGALAMAN MAIN KE ALUN-ALUN KOTA MALANG 

Okey lanjut ya, masih dalam keseruan main di Alun-Alun yang murah meriah dan bisa bikin keluarga bahagia. Jadi setelah bermain di playground. Saya dan anak-anak menikmati suasana dengan duduk-duduk di pinggiran taman dekat air mancur. 

Sambil menikmati cemilan yang telah kami beli sebelumnya, tak lupa menyiapkan minumnya juga sambil bercerita. Saya sendiri memilih menyimpan HP supaya bisa ngobrol leluasa dengan anak mbarep yang kini duduk di kelas 9. Sementara mata tetap tak lepas dari pandangan mengamati adek Devina yang melihat keindahan air mancur di malam hari itu. Devina seneng banget bisa lari-larian sepuasnya karena memang tempatnya yang luas dan jauh dari kendaraan bermotor, jadi aman ya untuk balita sekalipun. 


Oia di setiap sudut alun-alun ini dilengkapi tempat sampah supaya para pengunjung mudah untuk membuang sampahnya. Terlebih di sekitaran alun-alun banyak sekali para penjual makanan, minuman, aksesoris ataupun mainan yang pasti akan menyebabkan sampah setelahnya. Untungnya, kebersihan alun-alun kota Malang ini cukup terawat, sehingga masih bisa kita nikmati suasananya dengan kebersihan yang terjaga. 

Segitu dulu cerita alun-alun kota Malang kali ini. Buat kalian yang juga pengen mampir juga ke kota Malang dan singga beberapa hari di sini. Kalian bisa juga main-main ke destinasi Malang lainnya yang tak kalah indah pesonanya tentunya dengan harga yang relatif terjangkau. Secara Malang kota kelahiran saya ini juga memiliki keindahan alam dan harga kuliner yang ramah di kantong. Cuss cerita apa lagi nih di Malang? Ini alun-alunku mana alun-alunmu? 

***