Perkenalkan, aku Komunitas 1 Minggu 1 Cerita


Hayoo... siapa yang sudah pernah mendengar nama ini sebelumnya? Atau malah sebaliknya? Belum pernah tahu bahkan baru mendengar ini? Xixixi..tak kenal maka tak sayang. Kenalan yuk..supaya kita tahu. Yes, begitu lihat nama ini sekilas di TL twitter ada akun yang bernama @1minggu1cerita membuat saya langsung tertarik untuk bergabung di dalamnya, walaupun belum ada anggota yang pernah saya kenal sebelumnya disini. Dan saya? langsung berinisiatif sendiri meskipun tanpa diminta untuk follow akun instagramnya nya juga. 

Dari namanya saja sudah  membuat saya tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh lagi apa itu 1 Minggu 1 Cerita yang familiar disingkat dengan 1M1C. Sudah pasti dong, ini adalah suatu komunitas blogger yang bersifat positif dan akan memberi banyak manfaat bagi saya  untuk membuang rasa malas dalam menulis lagi, karena diharuskan setor tulisannya 1 minggu 1 kali (sudah mikir di awal baca judul akunnya pasti diminta setor 1 minggu 1 kali xixi).

Akhirnya saya mendaftar dan diminta isi formulir dengan mengisi data yang standar di link pendaftaran. sekaligus diminta untuk mengisikan nomer HP kita juga. Dan ternyata saya sudah mendapat jatah kode member 77 wow. Harus diingat-ingat tuh nomer keramat hehe karena sudah diwanti-wanti bahwa setiap akan setor saya harus diwajibkan mengisi nomor absen member. 

Ternyata usut punya usut 1m1c adalah suatu komunitas blogger yang berpusat di Bandung . Ada 6 orang yang menjadi admin disini. Sampai saat saya memposting tulisan ini, jumlah membernya sudah mencapai 100an orang yeyyy. Dalam komunitas ini, para membernya wajib menyetorkan tulisan setiap satu minggu satu kali (lebih? boleh banget dong). Dengan tema yang akan disebarkan sebelumnya baik di sosmed ataupun di grup whatsapp.

Adapun panjang dan tema tulisan bebas, kecuali setiap minggu pertama di awal bulan sebisa mungkin member diminta menulis dan setor sesuai dengan tema yang sudah diputuskan oleh admin. Dan untuk tulisan yang bertema sebulan sekali, akan ada give away (GA) bagi pemenangnya yang tentu didapatkan dari member lain yang dermawan hehe. Member yang ingin menyumbangkan sesuatu barang untuk dijadikan GA bagi pemenangnya.


Adapun deadline tulisan adalah setiap hari minggu pukul 24.00. Kalau lewat dari waktu itu, otomatis tulisan member yang sudah setor tidak akan terbaca oleh system dan dianggap gagal setor di minggu yang tertinggal ini (saya pernah ngalamin ini tepatnya sebulanan yang lalu setelah saya baru bergabung menjadi member huhuhu, padahal cuma telah 5 menit saja..alhasil tulisan saya tentang upacara bendera dihitung gagal deh oleh system padahal udah ngebut nulisnya hehe.

Adapun GA yang dimaksud akan diberikan setiap 2 minggu sekali. Jadi setiap bulan akan ada 2 GA  yang jadi penyemangat nulis buat para member. GA akan dikirimkan kepada pemenang dalam setiap bulannya. Adapun GA pertama akan diberikan untuk menjadi hadiah bagi tulisan bertema. Dan untuk GA kedua, adalah hadiah yang akan diberikan dalam kurun waktu 2 minggu setelah pemberian GA pertama. Untuk mendapatkan pemenang GA, admin akan menyeleksi tulisan yang masuk dan akan menentukan 5 tulisan terbaik dari membernya yang berhasil masuk nominasi untuk kemudian para member yang lainnya diminta melakukan voting untuk menentukan siapa juara GA saat itu.

Oia komunitas 1M1C ini punya beberapa hal yang harus kamu ketahui lho selain hal diatas. Dimana komunitas 1M1C ini berbeda dengan komunitas blogger pada umumnya, karena di komunitas blogger ini ada yang namanya grup whatsapp. Grup yang bisa dibilang ramai menjelang hari minggu, apalagi hari minggu malam menjelang deadline hahaha. Para membernya berbondong-bondong setor tulisan dan nitip linknya di grup itu. 

Tapi..setelah posting di blog masing-masing, setiap member diwajibkan menyetorkan ke dalam link setoran milik admin komunitas ini. Dan tulisan saya kali ini sekaligus membuat saya wajib setor di minggu ke 40 (wow) banyak juga ternyata. Maka Link setoran adalah link wajib yang mungkin harus disave atau dicatat oleh setiap membernya. Karena setiap minggu kita pasti akan dihadapkan pada link khusus setoran untuk menyetorkan tulisan. Oia hampir lupa, disini kita para member diminta mengisikan materi tweet promo tulisan dengan format wajib yang sudah ditentukannya.

Dan untuk pendaftaran member baru, akan tetap dibuka sepanjang tahun? bagaimana? Berminat kan? segera ajak teman, saudara, keluarga bahkan pasangan untuk ikutan bergabung dengan komunitas ini haha. Komunitas yang membuat saya jadi rajin posting paling tidak satu minggu sekali. Padahal sebelum gabung di komunitas ini saya orang yang tergantung sama mood nulis. Untuk buat satu tulisan saja bisa 3-7 hari masih nangkring aja di draft blog.

Nah, dengan cara efektif “dipaksa”seperti ini maka mau tidak mau kami harus segera posting dan belajar bertanggung jawab terhadap deadline. Seperti malam ini menjelang 20 menit lagi akan time limit menjelang deadline sebelum tulisan bertema komunitas saya kali ini tercancel otomatis oleh system (tidakkkk). Bergabung dalam komunitas ini membuat saya akan tetap semangat menulis dan belajar menyesuaikan waktu dengan deadline. Menjadi member ke dalam komunitas menarik ini, membuat saya murni benar-benar menulis tanpa diembel-embeli titipan dari sponsor.

Bagaimana? Unik bukan? Ayo tunggu apalagi mari segera bergabung menjadi bagian dari keluarga besar 1M1C yang hangat, ramah dan kekeluargaan satu sama lain. Meskipun kami para member yang jauh belum sempat bertatap muka langsung dengan para admin dan member lainnya. Tapi kita memiliki visi dan misi untuk menulis menjadi lebih baik lagi. Jadi 1M1C adalah komunitas dari kita, oleh kita dan untuk kita. Semangat terus untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas nulisnya ya bersama 1M1C. (FR)




  

Komentar

utiii mengatakan…
77 itu nomor syantiiik...
Tukeran yuuuk. Hahahahaha
Novya Ekawati mengatakan…
Sy lebih tua donk ya...member no 47 hehehe
echaimutenan mengatakan…
kereeenn euy, aku takut g bisa posting kalau diharusin gitu.. xD sukses #1minggu1cerita nya
wawaraji mengatakan…
wah terobosan nih kreatif! kadang kita memang perlu dipaksakan kok menulis. blogger2 berani nih yg masuk sini. sy jujur blum berani. tp menarik sih sbnrnya jd menantang diri sendiri kalau gak diginiin malah gak konsisten nulis. salut!
Endah Marina mengatakan…
Kerenn nih mba , aku juga sering nya tulisan hanya didraft sajaa. Terima kasih mba febri , aku jd tau ada komunitas 1m1c ..
cicifera mengatakan…
manfaat banget lho ikut #1mingggu1cerita, traffic blog naik drastisss :)) sesama member juga suka saling blogwalking, jadi ngerasa ada yang nunggu2 tulisan kita haha.. at least para admin baca lah buat nominasi GA xD
Febrianty mengatakan…
hehe iya nih 47 member yang lebih duluan gabung dan udh setor setiap mibggu xixixi. Angka belakngnya kita sama mbak wakwakwakak
Febrianty mengatakan…
wkwkwkw ga wajib sih mbak karena ga ada sanksi juga xixi, tapi paling mupeng aja kalo lihat member lain pada setor tulisan hehe
Febrianty mengatakan…
haha mbak bisa aja, iya nih nomenrnya doang yang cantik wakakakaka
Febrianty mengatakan…
hehe iyap sama2 mbak, udah langsung daftar kan hehe
Febrianty mengatakan…
hehe iya mbak, emang buat saya yang mood malesnya banyak harus dipaksa nulis. Btw seneng banget nih ada pendiri komunitas mampir ke blog saya. Trims mbak. Oia baca tulisannya yang berjudul "Pentingnya Blogger Menulis dengan hati dan berhati-hati" malah membuat saya jadi tahu gimana kiprah awal mb Wawa di dunia blogger sebelumnya. Wow keren mbak, sekalian dong nulis awal ide mendirikan Blogger Crony hehe
Febrianty mengatakan…
ahahaha blog naik drastis karena sering diupdate walaupun dengan cara "dipaksa" ya mbak. Salam manis buat si ganteng Faiz ya
ajeng sekar tanjung mengatakan…
dulu pas gabung di satuminggu satucerita saya masih jadi member nomor 25. trus sekarang udah delapan puluhan aja gitu anggotanya hahaha.

ini salah satu grup yang di silent sekaligus sering diintipin juga karena bahasannya selalu seruuu <3
Febrianty mengatakan…
Grup unik juga selain bahasa sunda yang terkadang melintas di setumpukan chat (saya ga paham hehe)selain itu juga pasti ada yang selalu diucapin ultah hahahaha
Artadhitive mengatakan…
Oh ada ya komunitas kayak gini... makin semangat aja deh ya...
Febrianty mengatakan…
Iyap semangat nulis karena dipaksa secara tidak langsung hehe
yulita Amelia mengatakan…
KEren emang komunitas gini :D bikin saingannya ah hehe :D
Febrianty mengatakan…
Ahahaha boleh, selama itu hal positif mah
Outbound Trawas mengatakan…
Hihii mantab banget ini komunitas
Nita Lana Faera mengatakan…
Oh kayak dulu di satu penerbitan ngadain kayak gini, tapi cerpen. Kalo udah lewat deadline, system-nya ga mau nerima lagi. Tapi udah ga bisa ikut yang kelas selanjutnya, haha... Eykeh pun terdepak di kelas kedua karena kelupaan, haha... Dengan begini, bagusnya untuk yg bingung mau nge-post apa selanjutnya, jadi ada ide.
Nurul Sufitri mengatakan…
Waaah 1 minggu 1 cerita tuh wajib ya Febrianty? ada sanksinya ga kalau kita ga bikin cerita? weleh2 angka cantik yang fashionable nih 77 cihuuyyy.... mana ada giveawaynya pula..makin rajin setor tulisan deh. Sukses terus ya! :D
Febrianty mengatakan…
iya hehe penyemangat nulis
Febrianty mengatakan…
Haha iya bener kayak gitu, systemnya udah diatur biar ga telat setor membernya wkwk
Febrianty mengatakan…
Hahahaha bener banget mbak, nomernya cihuy, sekarang dimajukan jadi 34 wkwkwk setelah registrasi ulang di awal tahunnya