Langsung ke konten utama

Perkenalkan, aku Komunitas 1 Minggu 1 Cerita


Hayoo... siapa yang sudah pernah mendengar nama ini sebelumnya? Atau malah sebaliknya? Belum pernah tahu bahkan baru mendengar ini? Xixixi..tak kenal maka tak sayang. Kenalan yuk..supaya kita tahu. Yes, begitu lihat nama ini sekilas di TL twitter ada akun yang bernama @1minggu1cerita membuat saya langsung tertarik untuk bergabung di dalamnya, walaupun belum ada anggota yang pernah saya kenal sebelumnya disini. Dan saya? langsung berinisiatif sendiri meskipun tanpa diminta untuk follow akun instagramnya nya juga. 

Dari namanya saja sudah  membuat saya tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh lagi apa itu 1 Minggu 1 Cerita yang familiar disingkat dengan 1M1C. Sudah pasti dong, ini adalah suatu komunitas blogger yang bersifat positif dan akan memberi banyak manfaat bagi saya  untuk membuang rasa malas dalam menulis lagi, karena diharuskan setor tulisannya 1 minggu 1 kali (sudah mikir di awal baca judul akunnya pasti diminta setor 1 minggu 1 kali xixi).

Akhirnya saya mendaftar dan diminta isi formulir dengan mengisi data yang standar di link pendaftaran. sekaligus diminta untuk mengisikan nomer HP kita juga. Dan ternyata saya sudah mendapat jatah kode member 77 wow. Harus diingat-ingat tuh nomer keramat hehe karena sudah diwanti-wanti bahwa setiap akan setor saya harus diwajibkan mengisi nomor absen member. 

Ternyata usut punya usut 1m1c adalah suatu komunitas blogger yang berpusat di Bandung . Ada 6 orang yang menjadi admin disini. Sampai saat saya memposting tulisan ini, jumlah membernya sudah mencapai 100an orang yeyyy. Dalam komunitas ini, para membernya wajib menyetorkan tulisan setiap satu minggu satu kali (lebih? boleh banget dong). Dengan tema yang akan disebarkan sebelumnya baik di sosmed ataupun di grup whatsapp.

Adapun panjang dan tema tulisan bebas, kecuali setiap minggu pertama di awal bulan sebisa mungkin member diminta menulis dan setor sesuai dengan tema yang sudah diputuskan oleh admin. Dan untuk tulisan yang bertema sebulan sekali, akan ada give away (GA) bagi pemenangnya yang tentu didapatkan dari member lain yang dermawan hehe. Member yang ingin menyumbangkan sesuatu barang untuk dijadikan GA bagi pemenangnya.


Adapun deadline tulisan adalah setiap hari minggu pukul 24.00. Kalau lewat dari waktu itu, otomatis tulisan member yang sudah setor tidak akan terbaca oleh system dan dianggap gagal setor di minggu yang tertinggal ini (saya pernah ngalamin ini tepatnya sebulanan yang lalu setelah saya baru bergabung menjadi member huhuhu, padahal cuma telah 5 menit saja..alhasil tulisan saya tentang upacara bendera dihitung gagal deh oleh system padahal udah ngebut nulisnya hehe.

Adapun GA yang dimaksud akan diberikan setiap 2 minggu sekali. Jadi setiap bulan akan ada 2 GA  yang jadi penyemangat nulis buat para member. GA akan dikirimkan kepada pemenang dalam setiap bulannya. Adapun GA pertama akan diberikan untuk menjadi hadiah bagi tulisan bertema. Dan untuk GA kedua, adalah hadiah yang akan diberikan dalam kurun waktu 2 minggu setelah pemberian GA pertama. Untuk mendapatkan pemenang GA, admin akan menyeleksi tulisan yang masuk dan akan menentukan 5 tulisan terbaik dari membernya yang berhasil masuk nominasi untuk kemudian para member yang lainnya diminta melakukan voting untuk menentukan siapa juara GA saat itu.

Oia komunitas 1M1C ini punya beberapa hal yang harus kamu ketahui lho selain hal diatas. Dimana komunitas 1M1C ini berbeda dengan komunitas blogger pada umumnya, karena di komunitas blogger ini ada yang namanya grup whatsapp. Grup yang bisa dibilang ramai menjelang hari minggu, apalagi hari minggu malam menjelang deadline hahaha. Para membernya berbondong-bondong setor tulisan dan nitip linknya di grup itu. 

Tapi..setelah posting di blog masing-masing, setiap member diwajibkan menyetorkan ke dalam link setoran milik admin komunitas ini. Dan tulisan saya kali ini sekaligus membuat saya wajib setor di minggu ke 40 (wow) banyak juga ternyata. Maka Link setoran adalah link wajib yang mungkin harus disave atau dicatat oleh setiap membernya. Karena setiap minggu kita pasti akan dihadapkan pada link khusus setoran untuk menyetorkan tulisan. Oia hampir lupa, disini kita para member diminta mengisikan materi tweet promo tulisan dengan format wajib yang sudah ditentukannya.

Dan untuk pendaftaran member baru, akan tetap dibuka sepanjang tahun? bagaimana? Berminat kan? segera ajak teman, saudara, keluarga bahkan pasangan untuk ikutan bergabung dengan komunitas ini haha. Komunitas yang membuat saya jadi rajin posting paling tidak satu minggu sekali. Padahal sebelum gabung di komunitas ini saya orang yang tergantung sama mood nulis. Untuk buat satu tulisan saja bisa 3-7 hari masih nangkring aja di draft blog.

Nah, dengan cara efektif “dipaksa”seperti ini maka mau tidak mau kami harus segera posting dan belajar bertanggung jawab terhadap deadline. Seperti malam ini menjelang 20 menit lagi akan time limit menjelang deadline sebelum tulisan bertema komunitas saya kali ini tercancel otomatis oleh system (tidakkkk). Bergabung dalam komunitas ini membuat saya akan tetap semangat menulis dan belajar menyesuaikan waktu dengan deadline. Menjadi member ke dalam komunitas menarik ini, membuat saya murni benar-benar menulis tanpa diembel-embeli titipan dari sponsor.

Bagaimana? Unik bukan? Ayo tunggu apalagi mari segera bergabung menjadi bagian dari keluarga besar 1M1C yang hangat, ramah dan kekeluargaan satu sama lain. Meskipun kami para member yang jauh belum sempat bertatap muka langsung dengan para admin dan member lainnya. Tapi kita memiliki visi dan misi untuk menulis menjadi lebih baik lagi. Jadi 1M1C adalah komunitas dari kita, oleh kita dan untuk kita. Semangat terus untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas nulisnya ya bersama 1M1C. (FR)




  

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wewh, ada bu admin mampir (gelar red karpet uhuk uhuk) trims ya akan selalu support untuk 1m1c karena disini yang buat saya nulis terus walaupun 1m1c hehe

      Hapus
  2. Kalau mb feb member ke 77 aku member ke 81. Kalau kamu??iyaa,,kamu??? Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sesama member dilarang saling mendahului wkwkwk. Selisih 4 angka doang kita xixi

      Hapus
  3. 77 itu nomor syantiiik...
    Tukeran yuuuk. Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mbak bisa aja, iya nih nomenrnya doang yang cantik wakakakaka

      Hapus
  4. Sy lebih tua donk ya...member no 47 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nih 47 member yang lebih duluan gabung dan udh setor setiap mibggu xixixi. Angka belakngnya kita sama mbak wakwakwakak

      Hapus
  5. kereeenn euy, aku takut g bisa posting kalau diharusin gitu.. xD sukses #1minggu1cerita nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw ga wajib sih mbak karena ga ada sanksi juga xixi, tapi paling mupeng aja kalo lihat member lain pada setor tulisan hehe

      Hapus
  6. wah terobosan nih kreatif! kadang kita memang perlu dipaksakan kok menulis. blogger2 berani nih yg masuk sini. sy jujur blum berani. tp menarik sih sbnrnya jd menantang diri sendiri kalau gak diginiin malah gak konsisten nulis. salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, emang buat saya yang mood malesnya banyak harus dipaksa nulis. Btw seneng banget nih ada pendiri komunitas mampir ke blog saya. Trims mbak. Oia baca tulisannya yang berjudul "Pentingnya Blogger Menulis dengan hati dan berhati-hati" malah membuat saya jadi tahu gimana kiprah awal mb Wawa di dunia blogger sebelumnya. Wow keren mbak, sekalian dong nulis awal ide mendirikan Blogger Crony hehe

      Hapus
  7. Kerenn nih mba , aku juga sering nya tulisan hanya didraft sajaa. Terima kasih mba febri , aku jd tau ada komunitas 1m1c ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyap sama2 mbak, udah langsung daftar kan hehe

      Hapus
  8. gara-gara gabung di #1minggu1cerita, saya jadi semangat terus pengen nulis haha.. biasanya sampe 3 bulan sekali saya nulis gara-gara ga ada ide atau males.. sekarang jadi "dipaksa" harus nulis seminggu sekali :D
    so far saya seneng bgt gabung di komunitas ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mbak, emang harus "dipaksa"biar ga ada alasan bilang tidak buat kita posting draft yg sudah kelamaan nongkrong hehe. Seneng ya, kita bisa kumpul dan ketemu grup "pemaksaan" ini xixi

      Hapus
  9. manfaat banget lho ikut #1mingggu1cerita, traffic blog naik drastisss :)) sesama member juga suka saling blogwalking, jadi ngerasa ada yang nunggu2 tulisan kita haha.. at least para admin baca lah buat nominasi GA xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha blog naik drastis karena sering diupdate walaupun dengan cara "dipaksa" ya mbak. Salam manis buat si ganteng Faiz ya

      Hapus
  10. dulu pas gabung di satuminggu satucerita saya masih jadi member nomor 25. trus sekarang udah delapan puluhan aja gitu anggotanya hahaha.

    ini salah satu grup yang di silent sekaligus sering diintipin juga karena bahasannya selalu seruuu <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grup unik juga selain bahasa sunda yang terkadang melintas di setumpukan chat (saya ga paham hehe)selain itu juga pasti ada yang selalu diucapin ultah hahahaha

      Hapus
  11. Oh ada ya komunitas kayak gini... makin semangat aja deh ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap semangat nulis karena dipaksa secara tidak langsung hehe

      Hapus
  12. KEren emang komunitas gini :D bikin saingannya ah hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha boleh, selama itu hal positif mah

      Hapus
  13. Hihii mantab banget ini komunitas

    BalasHapus
  14. Oh kayak dulu di satu penerbitan ngadain kayak gini, tapi cerpen. Kalo udah lewat deadline, system-nya ga mau nerima lagi. Tapi udah ga bisa ikut yang kelas selanjutnya, haha... Eykeh pun terdepak di kelas kedua karena kelupaan, haha... Dengan begini, bagusnya untuk yg bingung mau nge-post apa selanjutnya, jadi ada ide.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener kayak gitu, systemnya udah diatur biar ga telat setor membernya wkwk

      Hapus
  15. Waaah 1 minggu 1 cerita tuh wajib ya Febrianty? ada sanksinya ga kalau kita ga bikin cerita? weleh2 angka cantik yang fashionable nih 77 cihuuyyy.... mana ada giveawaynya pula..makin rajin setor tulisan deh. Sukses terus ya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bener banget mbak, nomernya cihuy, sekarang dimajukan jadi 34 wkwkwk setelah registrasi ulang di awal tahunnya

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya 😃 membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …