Langsung ke konten utama

DI BALIK SEBUAH NAMA

Pasti kita pernah mendengar quote "apa arti sebuah nama?" Bagi saya nama itu penting lho. Bahkan nama itu juga mempengaruhi si pemilik namanya pasti. Bahkan beberapa waktu lalu negri ini sempat dihebohkan dengan adanya beberapa nama yang sempat membuat geger dengan namanya yang unik. Beberapa nama unik itu banyak yang membuat orang terheran dan bahkan ada yang menjadikannya sebagai bahan becandaan ckckckkc. 

www.tulisanfebri.com

Seperti nama Tuhan asal Banyuwangi yang sempat membuat heboh, dan disusul oleh nama-nama unik lainnya bangsa superhero seperti Ultramen, Batman Bin Suparman, Satria Baja Hitam. Ada juga nama orang yang hanya terdiri atas satu huruf seperti nama D, N, Y dan . (baca:titik). 


Ada juga lho nama yang berasal dari bahasa asing tapi dijadikan nama orang seperti Dont Worry, Minal Aidin Wal Faidzin, Anti Dandruf (anti ketombe), Kamingsoon (bahasa inggris dari Coming Soon), Andy Go To School, Jas Hujan, Saiton, Honda Suzuki Impalawati, Dono Kasino Indro, Karma, Entah dan masih ada beberapa yang lain.

Itu seriusan nama orang Feb (yang bertuliskan miring) ? iya dong, saya sendiri juga sempat terperanga ketika bener-bener ada nama itu di bumi Indonesia. Yang jelas itu adalah nama asli karena terpampang nyata di KTP, SIM, akte kelahiran ataupun ijazah sekolah yang tidak bisa dibuat dengan main main. 


www.tulisanfebri.com

Eits yang jelas mereka juga tidak ingin lho namanya dijadikan sebagai bahan bercandaan (bahan olokan) ataupun mengubah nama yang telah diberikan oleh orangtua mereka masing-masing dan kalau saya baca mereka malah senang dan bangga lho dengan nama yang sudah melekat sejak lahir 😊.

Berbicara tentang nama memang akan selalu membuat banyak orang menjadi baper, apalagi ketika suami melihat istrinya memasuki usia kandungan mendekati hari lahir. "Duh, mau dikasih nama apa ya pas lahir nanti?" padahal banyak lho kegunaan nama dibalik sosok pemiliknya.

Karena banyak maksud dalam nama tersebut seperti ada doa, harapan, keinginan pengingat kejadian / peristiwa di balik kelahiran pemilik namanya, penggugah rasa,  motivasi, semangat dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang ada di balik pemberian nama seseorang.


www.tulisanfebri.com

Secara ya, akan ada banyak sisi yang bisa dilihat dari sebuah pemberian nama seperti dari segi yuridis (dilarang memberikan nama dengan nama yang buruk, apalagi sampai menyakitkan), dalam segi sosiologis juga tidak baik jika kita memberikan nama yang tidak baik. Toh di Islam diajarkan lho memberi nama dengan nama yang baik karena Allah sangat mencintai keindahan. 

Yuk ah sebagai orangtua atau calon orangtua kita biasakan dengan memberi nama yang baik-baik untuk anak keturunan kita termasuk juga dengan nama julukannya sehari-hari. Jangan sampai nama julukan pun akan dirasa menyakitkan atau membuat malu bagi pemiliknya. 



www.tulisanfebri.com

Nah sama seperti yang saya rasakan ketika kelahiran anak pertama kami yang bernama GAVINO RAFLI AKBAR  yang berarti bahwa Lelaki Tangguh dan Cerdas Yang Penuh Berkah dari Allah. Butuh waktu sekitar 2 minggu setelah dia lahir di dunia untuk bisa memiliki nama yang benar-benar membuat saya dan suami bisa tidur dengan nyenyak xixi.


Karena lahirnya berbobot besar dan secara normal dengan berat 3,7 kg dan kebetulan pas dia lahir disambut adzan magrib lagi, maka ayah saya menyarankan memberikan kata Akbar ada dalam namanya. Oke suami pun nurut dan mencari-cari pendamping kata Akbar ketika berada di kantor. So ketemulah nama itu 😁.


Lalu untuk anak kedua karena tidak ingin jauh beda dari kakaknya yang juga sama-sama laki-laki maka suami pun mencari nama yang tidak jauh berbeda juga susunan dan jumlah katanya JOVANO ZAIDAN THARIQ yang berarti bahwa lelaki berakal cerdas yang memiliki kedudukan tinggi (mulia) di sisi Allah. Inspirasi namanya keluar karena si adek Jo sapaannya ketika di rumah. Lahir dengan normal dan berat yang sedikit kecil ketimbang si kakak yaitu 3,2 kg. 


Namanya terilhami oleh jendral peperangan Islam Thariq Bin Ziad yang berhasil menakhlukkan Andalusia (Spanyol) Eropa😁. Harapannya sih ya, si adek ini bisa berani dan kuat juga cerdas dalam menghadapi segala tantangan yang kelak akan ditemuinya tapi tetep bisa lurus di jalan Allah SWT. 

Sssttt ngomong-ngomong nih ya, tahu tidak mengapa Gavino dan Jovano memiliki nama yang agak beda dan seperti bukan asli anak nya orang Jawa πŸ˜…. Karena suami berharap kelak suatu saat anaknya ini bisa menempuh pendidikan dengan beasiswa gratis ke luar negri. Aamiin ya Rob 😍


www.tulisanfebri.com

Misalnya nih ketika mereka kelak bisa kuliah di benua Eropa, maka mereka bisa memperkenalkan namanya dengan sebutan GAVINO dan JOVANO. Sehingga ga jauh beda dengan nama teman-teman yang ala-ala bule pastinya. Dan saat mereka suatu saat menempuh beasiswa gratis di belantara Timur Tengah maka mereka bisa menggunakan nama Rafli / Akbar (untuk Gavino) dan Zaidan / Thariq (Untuk si adek Jovano).

Hemmm sampai segitunya ya, suami saya bercita-cita wkwkkw mungkin itu keinginan yang tertunda dulu, makanya sekarang disalurkan pada anaknya. Makanya saya langsung setuju dan mengiyakan ketika si doi mengemukakan alasan untuk memberi nama mas Gav dan adek Jo seperti itu. "Oke, deal" kata saya dalam hati saat pertama kali kami berdiskusi untuk memberikan nama itu.

Toh nama yang diberikan pun juga baik kog, ada doa, ada pengingat kejadian, ada harapan dan ada semangat yang ada di balik nama mereka masing-masing. Jadi...bagi saya pribadi, nama itu penting lho ya. Jangan sampai anak kita merasa malu juga dengan nama yang dimilikinya karena dirasa terlalu nyeleneh atau terlalu nyentrik di mata teman-temannya. 

Kita juga harus memikirkan dirinya dari segi psikologis juga ketika nama itu disandangkan untuknya. Oia, pesan saya memberi nama untuk anak juga jangan terlalu panjang, jangan terlalu pendek, jangan terlalu susah ejaan hurufnya (khawatir kesulitan ketika mengisi kolom huruf untuk setiap ujian sekolahnya kelak ahahahahaha) dan jangan memakai huruf petik atau semacamnya pada nama anak. 

Misal Annisa' (nama keponakan) maksudnya sih ingin mengikuti ejaan sesuai dengan susunan kata yang ada di bahasa Arab, akhirnya sama suami diingatkan dan diminta ganti deh akte kelahirannya mumpung belum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Saya masih ingat ketika suami menelpon adeknya sambil bilang "ganti saja deh nama anakmu, jangan pakai tanda petik atas, nanti susah lho pas ujian ngisi formulirnya bagaimana?" Katanya dengan alasan sederhana supaya bisa diterima oelh adeknya, maka adek ipar pun dan suaminya mau mengurus ulang akte kelahiran anaknya di kantor catatan sipil mumpung anaknya saat itu masih berusia TK sekitar 5 tahunan. Secara kalau sudah dewasa pasti akan lebih sulit prosesnya.

Iyalah secara, suami juga cerita pada adik ipar bahwa ada teman kantornya yang sudah ketrima menjadi PNS tapi harus diribetkan dengan urus ulang akte kelahirannya karena ada satu huruf saja yang tidak sama dengan ijazahnya, nah loe 😲. Kalau begini ketahuan kan ya, bahwa memberi nama dengan nama yang baik, gampang dan mudah dieja itu penting hehe. 

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Oia selamat berkreasi dengan nama - nama idaman ya guys πŸ˜‰.





*Artikel ini dibuat untuk ikut meramaikan minggu tema "arti sebuah nama" untuk komunitas penyemangat menulis saya, 1 Minggu 1 Cerita  







Komentar

  1. Nama JOVANO ZAIDAN THARIQ artinya bagus..
    *jadi kepikiran gara-gara nama KTP dan KK beda, sampai kartu BPJS pun beda nama *nama depan semua* hee
    Salam kenal mba febri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih, nyari nama emang gampag-gampang susah.
      Wah makin ribet dah urusannya kalo begitu wkwkkw, salam kenal juga ya mas

      Hapus
  2. Halo kak Gav dan Jo. Wah bagus nama anaknya mba. salam ya dari Ade Arden.hehehe

    BalasHapus
  3. semoga terwujud ya Mba, anak-anak bisa sekolah di Eropa Aamiin :D

    BalasHapus
  4. Semoga mereka bisa jadi yang diidam-idamkan ya mak, aamiin. Senang sekali pasti kalau suatu saat mak bisa ikutan mereka berangkat ke Eropa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, wah senengnya semoga beneran jadi doa ya hehe

      Hapus
  5. Namanya bagus, semoga mas Gavino dan adik Jovano bisa beneran sekolah ke luar negeri kalau besar nanti ya mbak. :)

    BalasHapus
  6. Namanya bagus2 mba, aku juga kasih nama anak yang simple namun bermaknsa *assikkk hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasyikkk, neng Namee buruan minta adek dong wwkkwkw

      Hapus
  7. Lalu arti nama ku apa?,,#eh,,,, dititipi dua jagoan Sholeh ya,,, ganteng nama baik u.harapan yg baik aamiin,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA, hayoo dicari dong arti namanya wkwkwk

      Hapus
  8. Agak repot saat mengurus pasport dll jika ada perbedaan nama di akta lahir dengan ijazah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bener banget,makanya harus diperhatikan detail ya xixi

      Hapus
  9. Eh.. Itu serius ada KAMINGSOON? Ya Allah, bapaknya mikir apa ya pas kasih nama itu?

    Iya nyari nama tuh susah loh. Utk nama 1st Fi aja saking ingin banyak doa yg ditaro. Kepanjangan deh. Ada 5 kata.. Hahaha. Skrg baru mikir. Ya Allah kasian pas ujian negara nanti. Pan kudu bulet2in namanya ya. Duuuh.. Maaf ya, Nak.

    BalasHapus
  10. Cakep2 namanya Mas Gav dan Adek Jo. Iya ada memang ortu yg ngasih nama di kata pertama yg rada bule, dg harapan nanti anak2nya bisa dimudahkan untuk permbuatan visa dan sejenisnya. Ya gpp, doa ortu kan macam2. Mungkin ayahnya anak2 juga pingin anaknya master atau berkarier di Amrik dan Eropa. Ya who knows ya, takdir anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya bener banget Miss, takdir yg bikin mereka bisa ke nagara orang ya.

      Hapus
  11. Makasih sharenya mba.. tulisan yg keren

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 

Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya πŸ˜ƒ membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Yuk Dukung Aksi Nasional BPOM Menolak Penyalahgunaan Obat Untuk Masyarakat

Pagi hari sekitar tanggal 22 Otober 2017, ketika matahari masih malu-malu untuk bersinar. Saya pun segera bergegas menuju stasiun KRL terdekat. Bukan apa-apa sih, karena saya harus mengejar jadwal keberangkatan KRL Tangerang ke Duri Jakarta tepat pukul 05.30 WIB. "Sesekali saya harus ikutan Car Free Day" gumam hati saat diajakin temen-temen buat seseruan berolahraga pagi di bundaran HI ini. Secara...saya pun belum pernah menginjakkan kaki di tempat yang jadi pusat keramaian warga DKI ini di Minggu hari. Dengan memakai dress code berwarna merah, saya pun siap membelah Jakarta di pagi hari.

Oke sampai sana pun, saya mencari teman-teman yang ternyata sudah berkumpul dan sedang mengikuti senam bareng BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Well, ternyata di hari itu, BPOM membuka stand yang dipenuhi oleh masyarakat sekitar guys. Sebelum saya mendekatkan diri ke panggung utama yang nampak rame itu. Saya pun sempat melihat mobil BPOM yang nampak rame dikerumuni pengunjung Car Free …