Langsung ke konten utama

Tangguhnya Seorang Wanita Yang Disapa Ibu


Setuju banget deh, sama pemerintah yang menetapkan tanggal 22 Desember 2017 sebagai hari ibu. Karena memang tidak menutup mata, bahwa peran ibulah yang menentukan berhasil tidaknya keberhasilan suatu bangsa. Sama seperti negara ini, dimana hal yang besar berawal dari hal kecil pastinya. Dari lingkungan paling terkecil yaitu keluarga, ibulah yang paling memberikan peran bagi setiap rumah tangga di Indonesia. 

Sosok Ibu Dalam Sebuah Keluarga
Nah, kalau ngomongin hari ibu pasti setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya sosmed ramai dengan timeline yang kita lihat dengan banyaknya postingan foto teman-teman kita bersama ibunya, atau anaknya atau foto saat masa dia kecil atau bahkan istrinya. Semua itu sebagai bentuk menghormati sosok wanita yang memang tidak bisa digantikan oleh siapapun. 

Ehh tapi bener juga ya, yang namanya ibu itu bisa dikatakan sebagai super mom dengan banyak peran ganda dalam profesinya. Hayooo pasti semua sepakat dong dengan statement itu. Bagaimana tidak, seorang ibu itu bisa menjalankan beberapa peran secara bersamaan yang jika dilakukan oleh kaum adam akan kewalahan. 

Seorang ibu itu akan merangkap apapun dalam sebuah keluarga. Selain menjadi istri ibu juga menjadi Guru, Art dengan setumpuk pekerjaan rumah tangga yang tiada henti, Dokter, Accounting, Sopir, Tukang Ojek, Koki dan yang tidak bisa dihitung satu persatu. Semuanya terangkum rapi dalam video berikut nih temans. Saya pun sempat senyum-senyum lho melihat videonya meski cuma semenit yang bener emak-emak bangets wkwkw. 


Bahkan, ketika salah satu anggota keluarga bermasalah seperti suami, anak pertama, anak kedua atau bahkan ART dan Sopir sekalipun pastilah sosok Ibu yang akan menyelesaikannya. Makanya, ada yang pernah bilang bahwa kalau ada ibu semua akan beres. Karena ibu bisa menggantikan siapapun tapi tak bisa digantikan siapapun. Setujuuu???

TENTANG IBU DAN BANYAK KISAH INSPIRATIF
Dalam keseharian pun tidak jarang kan kita menjumpai sosok ibu yang tangguh dan kuat dalam menghadapi kondisi apapun yang terjadi. Dia akan menjadi pencari nafkah, sekaligus tetap bisa membagi waktu untuk keluarga dan semuanya dilakukan secara seimbang. 

Wanita tangguh yang bernama ibu itu akan melakukan hal apapun yang dianggap bisa dan mampu dilakukan semua untuk keluarga. Banyak sih kita dengar kan seorang single mom yang sukses membesarkan anaknya dengan jerih payahnya. 




Oia, teman-teman masih ingat tidak dengan kisah seorang Ibu Nafisah di tahun 2010 lalu sempat heboh. Beliau adalah wanita yang berhasil menjadikan 10 orang anaknya dari 12 anaknya menjadi dokter. 7 anaknya menjadi dokter spesialis dan 3 dokter umum. Sementara suaminya sudah almarhum dan meninggalkan 12 anak kepada Ibu Nafisah yang hanya lulusan SMA dan bekerja sebagai pedagang kain dan batik di Palembang. Makanya tidak salah jika MURI berhasil memberikan gelar "Profesi Dokter Terbanyak Dalam Satu Keluarga" Wow banget kan ya peran Ibu itu. 

Nah, saya pun jadi ingat pada nenek dari ibu di Malang. Kita para cucu yang kerap menyebutnya Mbahti sangat mengagumi dan menyayangi nenek yang sabarnya ampunn dah. Beliau tidak pernah membentak atau memukul cucunya dan juga anaknya. Padahal kakek saya cuma prajurit TNI AU dan sudah meninggal lama karena sakit saat bertugas. 

Tangguhnya Seorang Wanita

hari ibu, wanita tangguh
Ibu pun cerita, nenek saya yang hanya bersekolah SD mampu menjadikan 10 orang anaknya dengan baik. Diantara 10 anaknya itu, kini telah memiliki cucu, bahkan cicitnya pun sudah banyak. Setiap kali lebaran, rumahnya selalu penuh dengan puluhan anggota keluarganya. Dan yang saya heran dari sekian puluh anggota keluarga besar. Tidak ada satupun yang bertengkar dan selalu rukun. 

Iya, nenek saya memang selalu mengajarkan untuk taat pada suami dan hormat dengan sepenuh hati tanpa pamrih bagi anak atau cucunya yang sudah menikah. Satu yang ditekankan Mbahti kepada kami semua bahwa, Rumah tangga itu yang penting keberkahan, bukan harta melimpah yang bisa membuat banyak perselisihan jika tidak digunakan dengan benar. 

hari ibu, wanita tangguh,tulisanfebri.com

Nah, kalau ibu saya. Ahhh jangan ditanya. Saya pun akan selalu mengaguminya meskipun suka cerewet saat saya mulai tak patuh wakkakaka. Dan karena doanya pula, Ibu saya berhasil menjadikan kami berhasil hingga sekarang. Duluu banget saya pernah dengar Ibu cerita, kalau beliau kepegen punya menantu dokter untuk kakak saya pertama yang jadi perwira TNI AD. Selain itu kepengen punya menantu Perwira untuk adek saya yang jadi anak bontot yang kini menyelesaikan pendidikan KOAS kedokteran giginya. 

Alhamdulilah doa ibu saya dikabulkan, yang ingin mengawali dan menutup keluarga dengan pasangan perwira dan dokter. Karena kakak ipar saya dokter umum, dan adek ipar saya seorang perwira TNI AD yang baru saja dikirim sebagai pasukan Garuda di Libanon tepat satu bulan setelah dia menikahi adek paling bungsu.

Dari sini, saya mulai berpikir betapa benar doa seoarng Ibu itu akan dikabulkan. Makanya Ibu cuma berpesan pada saya dan 2 adek perempuan saya untuk menjadi istri dan ibu yang baik. Apalagi doa seorang ibu itu, akan didengar langsung oleh Tuhan dan dibayar tunai saat itu juga. Jadi saya pun diajarkan untuk mengucapkan yang baik-baik kepada 2 cucu nya yang nggemesin bin kadang ngangenin ini.

hari ibu, wanita tangguh,tulisanfebri.com

Saya pun, juga mengagumi sosok ibu mertua yang saya rasakan benar kasih sayangnya pada saya menantunya yang ga pandai masak ini. Dari menjadi anggota keluarga suami hampir 12 tahun yang lalu, setiap pulang lebaran. Ibu mertua yang sudah lama banget ditinggal bapak mertua meninggal, selalu tak lupa bertanya kepada saya "Rachma, kamu mau dimasakin apa? biar adekmu (adek ipar) belanja ke pasar"  Duhh menantu macam apahh aku ini *dalam hati bukannya yang masakin tapi malah dimasakin haha senangnya punya mertua yang sayang.

Bahkan nih, kalau ada masalah Ibu mertua pun mencari saya menantunya bukan malah nyari suami yang anaknya 😅. Setelah curhat pada saya, beliau biasanya lega karena bisa nangis dan ngobrol ngalur ngidul pada menantunya yang dinikahi anaknya atas permintaannya sendiri hehe. Makanya kepengen deh suatu saat bisa membelikan hadiah spesial untuk beliau yang ga pernah meminta kepada kami berdua.

hari ibu, wanita tangguh, tulisanfebri.com

Coba deh lihat juga tukang cuci gosok di sekitar rumah teman-teman. Sudah pernah tanya belum dia bekerja pada berapa rumah? Tak jarang lho dari mereka yang mengambil pekerjaan sama pada 3 sampai 4 rumah dalam sehari. Hadehw saya yang ngebayangin aja sudah mules duluan huhuhuhu 😖. Demi apa coba? demi mencari nafkah untuk membantu pekerjaan suami mereka yang rata-rata buruh atau pekerja lepas.

Belum lagi kalau ngomongin pemerintahan atau kedudukan penting dalam suatu perusahaan. Kuota 30 % pun diberikan khusus untuk wanita lho di dalam susunan anggota dewan kita. Begitu juga dengan pemerintah era presiden Jokowi yang menempatkan 8 porsi mentri perempuan dari total 34 jabatan mentrinya. Amazing kan jadi wanita itu.

Meski banyak juga kisah di luar sana yang menceritakan seorang lelaki yang terjerumus dalam kasus pidana, dikarenakan permintaan istrinya dan gaya hidupnya yang melebihi gaji para suaminya. Sehingga menyebabkan suami pun mau melakukan tipikor. Hiiii semoga terhindar ya dari yang namanya kasus beginian. Makanya setuju banget sama penelitian yang mengungkapkan bahwa apapun jadinya suatu keluarga itu bergantung kepada sosok Ibu dalam rumah tangga. Yukk belajar jadi Ibu tangguh yang baik untuk keluarga kecil kita.

Ahh, intinya selalu kagum lah pada yang namanya wanita. Bangga menjadi wanita. Karena wanita lah yang akan menentukan berhasil tidaknya masa depan dalam sebuah keluarga. Yukk sayangi Ibu kita, istri kita, saudara perempuan kita, anak perempuan kita dan saling support dalam kebaikan. 

Karena apalah artinya keluarga jika tanpa seorang wanita yang bernama Ibu. Menutup tulisanfebri kali ini, saya mau ucapin Selamat hari ibu buat para Ibu dan calon Ibu. Semoga tetap menginspirasi dan menunjukkan "The Power Of Emak-emak ya"  tanpa kalian semua apalah jadinya negara ini. Jangan lelah untuk berjuang dan menjadi pejuang tangguh buat keluarga kecil kita. Semoga apa yang kita lakukan akan selalu menjadi pahala dan mendapat kebaikan Aamiin. 


hari ibu, wanita tangguh, tulisanfebri.com


















Komentar

  1. Wahh mba Febri keluarga besar ya..seruuuu jadinya rame gitu.

    BalasHapus
  2. The Power of Emak-Emak... wkwkwkk... jangan diremehkan ya. Ibu bisa menggantikan siapapun tapi nggak bisa digantikan oleh siapapun... setujuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu, satukan visi dan misi bareng The Power Of Emak emak dong

      Hapus
  3. Febri miril banget ya sama ibu.. seneng banget liat keluarga akur dan kompak kalo udah ngumpul. Selamat hari ibu yaaa mamah muda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixi, iya mbak alhamdulilah. Selamat hari ibu juga kakak hits

      Hapus
  4. Ahhh.. senangnyaaaa yang masih ada mertua. Ibu mertuaku sudah berpulang sejak dua tahun lalu. Kami tinggal jauhan banget, jadi hanya ketemu beliau beberapa kali saja sejak menikah. Hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh So sad ya mbak, tinggal kita doakan saja ya semoga diterima amal ibadahnya ya

      Hapus
  5. Ibu kalo ngga cerewet rasanya ngga sah ya mba hahahahhaha. Seneng deh keluarganya banyaakkkkk, kalau aku hanya sendiri hihihihi. Kalau ada ketulusan dari orang tua, pasti anak - anaknya jadi deh. Salam hormat untuk keluarga ya mba :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkw, iya bener iya mbak. Kayaknya sudah jadi ciri khasnya jika namanya ibu itu cerewet wkwkw, karena akupun begitu sekarang haha.

      Hapus
  6. Ibu memang sesosok malaikat yang selalu ada saat aku membutuhkannya...

    Hal yang paling membuatku merasa bahagia adalah ketika melihat senyumnya :')

    Selamat hari ibu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika melihat senyum ibu, maka langsung nyess ya hati kita. Keingat dosa-dosa dan kelakuan di jaman dulu yang suka bikin kesel hehe.

      Hapus
  7. Wah keluarga besar ya mbak?
    Iya doa ibu itu manjur banget ya mbak. Mengingtakan diri kita supaya melakukan hal serupa, mendoakan anak2 kita TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar banget mbak. Bagaimana juga doa ibu itu ga bisa dilepas ya dari kehidupan kita sampai kapan pun

      Hapus
  8. Wah baru satu bulan lantas suami dinas di Libanon. Masya Allah moga jadi berkah sebagai istri ya. Doa ibu memang luar biasa. Ini yang tante selalu ingatkan untuk kakak adiknya, untuk hanya mengucap yang baik pada anak2. Kalau ibu mertua senang curhat mungkin karena sesama perempuan ya, kalau sama anak lakinya takut nggak nyambung, haha...

    Masya Allah memang perjuangan para single Mom untuk membesarkan anak2nya dg rezeki yg halal. Begitupun para ibu yang membantu suami cari rezeki. Para full housewives pun juga tak kalah hebat, menghabiskan seluruh waktu untuk mengurus keluarga.

    Tak ada seorang ibu yang tak hebat, kecuali bisanya cuman nyinyir doang, hahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuuhu duhh baca komentnya bikin aku terharu Miss, semua berperan masing-masing ya dengan kemampuan dan kelebihan yang dimilikinya patinya dong ya.Semoga dengan hari ibu makin bersemangat lagi dong ya semua wanita Indonesia untuk menjadi lebih baik

      Hapus
  9. 5 bersaudara, rameee banget deh mbak. Btw ibu emang nature-nya cerewet. Aku menyadari itu ketika menjadi ibu. Hahaha. Bapak mah bagian cool aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha setuju, sejak namanya perempuan jadi ibu itu pasti ujung-ujungnya bawel ya wkwkwkk

      Hapus
  10. wah seru banget ya banyak anggotanya hehe, rame kalo ngumpul, selamat hari ibu mak febri

    BalasHapus
    Balasan
    1. YUhuu makasih mak Uli, Selamt hari ibu juga hehe

      Hapus
  11. Ibu selalu menjadi yang paling disebelin, karena cerewet. Tetapi juga paling di kangenin karena kasih sayang dan perhatiannya untuk keluarga.
    Selamat Hari Ibu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuhuhuhu iya bener banget mbak, justru cerewetnya itu yang bikin kita selalu kangen ya

      Hapus
  12. Ibu selalu menjadi yang paling disebelin, karena cerewet. Tetapi juga paling di kangenin karena kasih sayang dan perhatiannya untuk keluarga.

    BalasHapus
  13. whoaaaa foto keluarga besarnya bikin mupeng. aku pengen bikin foto keluarga besar susah banget. kami bersaudara ga tinggal satu kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamipun berbeda-beda kota mbak. Makanya mumpung lebaran pada balik dan bisa lengkap kayak gini. Cuss panggil fotografer ke rumah hehe

      Hapus
  14. "Rachma, kamu mau dimasakin apa? biar adekmu (adek ipar) belanja ke pasar"

    aku pun suka ditnya mertua kalo mau plg ke solo hihi

    BalasHapus
  15. Aku terharu baca ceritanya nih, Feb... tercapai ya cita2 ibunda. Menantu yang sholeh dan sholehah, berprofesi seperti yang dibanyangkan ibu, waaaah salut deh. Doa seorang ibu itu bener2 dijabah Allah ya, Feb. Ada yang dikirim ke Lebanon ya Pasukan GARUDA. Ada yang KOAS gigi...dll Keren! Febri pun asik punya ibu mertua yang sayang banget dirimu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Favourite Posts

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Review Wardah Lightening Facial Foam, Sabun Wajah Yang Membuat Tampak Cerah

Hallo teman- teman, senang sekali nih bisa sharing dan ngobrol ringan buat artikel kali ini. Nah, pastinya diantara kita kalau sudah membahas cara make up natural dan simplepasti pada langsung interest di bagian wajah, karena memang wajah itu merupakan aset terpenting yang membuat seseorang bisa nambah satu strip di tingkat kepedeannya. 

Secara ya, pasti banyak diantara kita yang sangat memperhatikan kulit wajah. Karena saya yakin, setiap orang baik pria ataupun wanita pasti kepengan kan punya kulit wajah yang cerah dan segar juga sehat. Bahkan ada juga yang sampai rela punya waktu me time dengan jadwal khusus yang dijalaninya di klinik perawatan wajah kesayangan.
Nah, itu salah satu contoh aja ya. Sisanya masih banyak upaya dan cara yang dilakukan oleh kita untuk membuat wajah cerah dan sehat. Salah satunya memakai produk drugstore yang bisa kita temui dengan mudah di swalayan atau toko kosmetik terdekat. Selain olahraga dan minum air putih yang cukup dong pastinya. 
Banyak sih, nama-na…

Review Hand Body Marina UV White

Well, hayoo ngaku siapa yang malas pakai hand body setelah mandi? Buat kalian yang rajin memakai hand body selamat ya, karena kalian sudah melakukan salah satu cara untuk melembabkan kulit kita. Buat yang masih malas-malas an pakai hand body lotion yukk ah mulai dari sekarang kita menjaga kulit demi kesehatan dan juga kecantikan *uhuk uhuk
Nah, ngomongin hand body lotion yang pastinya menjadi benda wajib setelah kita mandi. Pastinya tidak akan ada habisnya ya. Entah itu bagi wanita ataupun bagi pria, well karena emang mencegah kulit dari kekeringan juga harus dilakukan lho demi memiliki kulit sehat. Dan, saya pun memberikan hand body lotion kepada 2 jagoan saya setelah mereka mandi xixi. 


Awalnya sih mereka menolak, tetapi lama-kelamaan karena sudah terbiasa dari bayi ya mereka biasa saja pada akhirnya hehe, ketimbang muka emaknya manyun karena ngomel-ngomel wkwkkw. So sehabis mandi, pagi dan sore hari saya berikan hand body lotion buat mas Gav dan adek Jo. 
Produk yang saya pilih pun se…