Ini Pengalaman Saya Dalam Menjalani Pengangkatan Polip Leher Rahim

polip leher rahim, polip serviks, polip rahim, polip pada wanita hamil

"Jangan cemas ya Bund?" Kalimat yang seringkali diucapkan oleh suami saya saat saya mengalami gejala aneh pada kehamilan ke tiga yang berbeda dengan 2 kehamilan sebelumnya. Iya, kata yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan jika hal ini menimpa siapapun termasuk saya. 

Apalagi jika teman- teman atau pasangan atau orang terdekat mengalami hal serupa seperti saya dimana saat kehamilan memiliki sedikit kendala yang setelah diperiksa barulah ketahuan penyakitnya yaitu POLIP

Mungkin bagi yang belum tahu apa itu polip, baiklah akan saya berikan gambaran singkatnya ya. Disimak kuy, Polip adalah pertumbuhan jaringan kecil yang biasanya bersifat jinak (non kanker), namun juga bisa berupa ganas (kanker) hanya pada kasus yang langka. 

Nah, sebenarnya penyakit Polip ini bisa menyerang setiap wanita yang berusia 20 tahun ke atas, menjelang menoupaose, dan wanita yang sedang mengalami masa kehamilan (btw saat polip diangkat, usia kandungan saya 25 week) untuk penyebab pastinya memang belum diketahui, namun wanita yang memiliki kadar hormon esterogen yang tinggi sangat rentan dengan adanya polip ini, termasuk dengan wanita yang sedang hamil.


AWAL TERKENA POLIP SERVIKS

Sebenarnya, diri saya mengetahui terserang Polip Rahim saat saya tiba-tiba merasakan jalan lahir terasa bengkak dan membesar saat membasuh selesai buang air kecil. Nah, karena penasaran saya intip dari balik cermin dan ternyata di situ saya menemukan ada sesuatu yang menempel berbentuk seperti hati ayam berwarna merah yang keluar menonjol. 

Tidak terasa sakit memang, hanya saja sebagai wanita yang sedang mengalami masa kehamilan, sungguh panik luar biasa yang saya rasakan (kejadian hari Rabu  tanggal 9 Oktober 2019 siang).

Sorenya langsung saya periksakan ke bidan dekat rumah , dan katanya hilang alias tidak ada. Saya pun bersyukur, dan berulang kali mengucap hamdalah karena kehamilan saya baik-baik saja. Ehh 3 hari berikutnya, tepat di hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2019 gejala yang sama persis terulang kembali. 

Kali ini, tanpa menunggu lagi, langsung saya bawa ke bidan untuk dilakukan observasi medis. Namun bidan langsung merujuk ke SPOG untuk tindakan medis selanjutnya.


RSIA Muhammadiyah Cipondoh Tangerang
Ibu Menemani Saya Saat Periksa Kontrol Kehamilan Di RSIA Muhammadiyah Cipondoh
Nah, malam hari itu pun dengan perasaan was-was saya didampingi suami memeriksakannya ke SPOG. Saya pilih RSIA Muhammadiyah Cipondoh Tangerang saja yang terdekat dari rumah. Sudah tidak saya hiraukan lagi siapa dokter yang berjaga saat itu. Karena yang terpenting bagi saya adalah segera tertangani dengan baik oleh orang yang berpengetahuan tentang "penyakit aneh" yang baru saya ketahui kali ini, mengingat di 2 kehamilan sebelumnya tidak ada. 

PROSES PENGANGKATAN POLIP
Nah, begitu antrian saya dipanggil langsung saya sampaikan keluhan aneh ini pada dr Oetomo SPOG, M.Kes yang saat itu ada jam praktek malam. Begitu dilihat langsung saat itu juga diadakan "operasi atau tindakan kecil pengangkatan Polip rahim" prosesnya berlangsung sekitar 45 menit dengan didampingi oleh 2 perawat yang ikut membantu proses eksekusinya. 

Perawat pertama bertugas memberi bantuan tambahan cahaya senter, sementara perawat kedua memegang paha saya supaya tetap terjaga untuk terbuka dengan lebarnya. Benar saja, tanpa ada suntik bius kuretase itu pun dilakukan dengan sangat santai oleh dokter yang juga punya klinik kehamilan sendiri ini. Sambil ngobrol beliaupun bekerja dengan lihainya. 

Saya??? deg deg an tetap meskipun tidak terasa sakit, hanya khawatir pada kondisi si jabang bayi dalam perut ini yang takut kenapa kenapa, padahal kata dokternya juga masih sekitar 5 cm lagi jaraknya ke tempat bayi bertengger.   




Akhirnya begitu selesai, saya pun langsung paham bahwa bentuk polip sendiri memanjang menyerupai usus ayam berwarna merah hati. Ada sekitar 7 cm polip yang ada di dalam mulut rahim saya. 

Masih tersisa sedikit sekitar 1 cm di dalamnya, karena dr Oetomo tidak mungkin melakukan pengangkatan sampai bersih mengingat posisinya dikhawatirkan akan menyebabkan timbulnya kontraksi dini bagi kehamilan saya. 

"Jadi sisanya kita berantas pakai obat ya Pak, atau jika belum keluar juga...saat proses persalinan nanti juga insyaallah akan terdorong keluar" ungkap dokter ramah itu kepada suami saya yang sedari tadi terhalang oleh gorden pemisah saat proses pengangkatan itu dilakukan. Dan tunggu seminggu hasilnya akan dilakukan observasi di laboratorium untuk mengetahui jenis polipnya termasuk jinak atau ganas. (syeremmm kann -_-). 


Hal ini dimaksudkan supaya dokter bisa mengambil tindakan selanjutnya untuk mengantisipasi polip mulut rahim ini. (Tapi syukur alhamdulilah seminggu kemudian petugas RSIA menelpon saya  dan menyebutkan bahwa polip nya bersifat jinak, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan)

"Ohhh jadi ini namanya Polip ya dok?" tanya saya, sekaligus disusul dengan pertanyaan saya yang lain. Btw tak kenal, maka tak sayang. Yuk kita kenalan dengan ciri-ciri gejala polip serviks
  1. Adanya pendarahan pasca menoupause ataupun di waktu dua siklus menstruasi
  2. Perdarahan setelah melakukan hubungan suami istri
  3. Volume menstruasi yang lebih banyak dari biasanya
  4. Keluarnya cairan vagina yang berwarna putih atau kuning akibat dari inveksi
  5. Sulit mengalami kehamilan (invertilitas)
Di antara gejala polip di atas hanya nomor 5 dan 4 yang saya rasakan gejalanya. Sisanya ga terjadi, ehh tapi tetep waspada ya teman-teman mengingat ada juga polip yang tidak memiliki gejala apapun. 

Yukk lanjutin curhatnya, nah setelah proses kuret itu dilakukan, proses selanjutnya pun masih diteruskan dengan USG transvaginal juga USG 4D diatas perut. USG transvaginal sendiri dilakukan untuk melihat apakah masih ada polip yang tersisa di dalam dan untuk menunjukkan kepada saya bahwa sudah tidak ada lagi darah yang keluar. 




Sementara dr Oetomo melanjutkan USG 4D untuk melihat kondisi janin saya yang kala itu berusia sekitar 25 week. Selanjutnya dokter yang bekerja tanpa menggunakan jas putih kebesarannya itu menjelaskan detail dan rinci kondisi janin saat itu, pasca dilakukan kuretase pengangkatan polip rahim. 

JANGAN CEMAS YA
"Kasus seperti ini memang langka, terakhir 4 tahunan lalu saya mengadakan tindakan untuk kasus serupa dan hamilnya malah lebih besar pula" Kata dr Oetomo. Banyak syukur "Alhamdulilah, janin saya baik - baik saja di dalam"  ujar saya kala itu. Mendengar penjelasan dari dokter pun saya merasa sangat lega dan sudah tidak perlu was was lagi atas keberlangsungan kehamilan ketiga saya ini. 

Setelah mengucapkan terimakasih, segera saya dan suami menuju meja kasir sambil harap-harap cemas apakah cukup uang yang saya bawa malam Itu. BPJS??? Hemm memakainya pun hanya sekali saat cek lab di puskesmas kapan hari. Jadi belum familiar menggunakannya, karena memang mikirnya harus buru buru ke SPOG saat itu juga. 

Jreng.....jreng....kata mbak kasir yang inputnya kelamaan ada mungkin 10an menit sampai bikin kami deg deg an. "Semua totalnya Rp 3.700.000 ya Bu, sudah termasuk tes lab nya sekalian" (Biaya bisa berbeda di setiap kebijakan manajemen RS). 

Sebelum beranjak pulang pun saya masih membawa oleh oleh 4 pak obat yang harus rutin diminum, bahkan ada 2 jenis obat yang harus dihabiskan. Obat pendarahan hanya diminum jika di rumah saya mengalami pendarahan saja. 




Yess benar saja uang di dompet suami tidak mencapi kuota, akhirnya doi cuss ke atm karena RS ini tidak menyiapkan mesin EDC untuk kartu debit (hemm jaman giniiiii,harusnya dimudahkan ya pasien dalam membayar). Tak apalah batin dia, yang penting calon anak dan istrinya sehat. 


Sepulangnya kami dari RSIA Muhammadiyah, banyak mengucap syukur meskipun mengalami kehamilan dengan polip leher rahim namun masih saja bisa hamil. Padahal dokternya sendiri saksi jika sperma bisa menembus ke dalam rahim dengan kondisi leher rahim berpolip seperti ini. 

"Ini semua kuasa Allah Bu, karena secara medis sudah pasti susah untuk terjadi kehamilan" ucap dokter kala itu. Dalam hati "iya juga ya, pantes kog saya tidak kunjung hamil juga meskipun anak ke dua sudah berumur 8 tahun padahal sama sekali ga pernah pakai KB" 



Komentar

Turis Cantik mengatakan…
Ya Allah mbak...alhamdulillah lancar ya. Sehat selalu. Temen jg ada yg prnh polip alhamdulillah juga sudah diangkat.
Febrianty mengatakan…
Alhamdulilah iya mbak, terimakasih. Wahh ikut senang juga buat temannya ya
www.grandysofia.com mengatakan…
Mbaa alhamdulillah ya melewati semuanya apalagi dalam masa kehamilan, aku ga nyangka mba Feb ada cerita masa kehamilan berupa polip ini. Ya Allah semoga kita diberikan kesehatan selalu ya mba, terima kasih banget udah sharing
Febrianty mengatakan…
Alhamdulilah Dys hehe, semoga bisa jadi pelajara juga buat semua wanita ya utk lebih aware lagi dalam memperhatikan kesehatannya terutama di bagian reproduksi hehe
Helena mengatakan…
Alhamdulillah ... baca ini sambil bayangin ada usus merah menjuntai dari vagina. Aku pun auto panik kalau di posisimu.

Syukurlah langsung ditangani dokter ya mbak. 45 menit rasanya kayak gimana, heuheu wes pokoke sampai lahir sehat lengkap.

Kalau aku sempat susah hamil soalnya ada miom. Eh waktu hamil malah ga kelihatan miomnya di rahim. Alhamdulillah hilang dewe.

Ku tunggu cerita melahirkanmu yoo
Febrianty mengatakan…
Iya ngeri ngeri sedap ya kalau udh urusan kehamilan itu. Alhamdulilah iya aamiin sehat lengkap tak kurang suatu apapun. Alhamdulilah miom hilang dan Uno sehat ya..ahh nikmat yg patut disyukuri pastinya
nitalanaf mengatakan…
Kuasa Allah ya, mau yg sehat sekalipun, kalau Allah belum kasih hamil. Yg organ reproduksinya Ada sedikit masalah pun, kalau Allah mau menitipkan. Btw gimana rasanya dikuret tanpa bius itu?
Unknown mengatakan…
Bu...saya barusan selesai membaca tulisan ibu...dan malam ini barusan dokter ngasih tahu kalau di rahim saya ada polipnya sebesar 1 cm dan dokter menyarankan saya operasi...saya sedih banget mengingat umur saya 44 tahun dan barusan selesai suntik hormon....😭😭😭
Nayumawar mengatakan…
Alhamdulillah jadi agak tenang baca ini, aku juga baru didiagnosa polip kak. Baru menikah 6 bulan sih, tapi mertua dan ortu udah ngebet punya baby. Meski suami juga pengen segera punya baby, tp dia belum setuju saya promil. Sampe suatu ketika saya mens dan ada daging segar seukuran hati ayam yang nyangkut di pembalut. Karena khawatir, saya langsung ke dokter SpOg, dan setelah dicek, ternyata saya punya polip. Sedih sih setelah tau, tapi bersyukur karena akhirnya ditunjukan kenapa kok gak hamil2. Insyallah minggu depan saya mau kuret. Dan akhirnya suami jadi mau diajak promil juga, karena mengingat kondisi saya. Semoga setelah itu, saya bisa segera dikaruniai keturunan, Amin....minta doanya ya semua 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Unknown mengatakan…
Sy udh nikah 6 tahun belum kunjung hamil..pernah cek usg perut aja..blm ke tahapan lain..ngalamin gejala no.4dan 5 kya cerita mba di atas..apa sy ada polip ya..soalnya sy jg susah hamil..tktnya mulut rahim sy tertutup gitu jdi si sperma susah masuk ke dalam.
Febrianty mengatakan…
Mohon maaf Bu, baru sempat nengok komentar di blog. Btw kalau masih 1 cm masih sangat kecil menurut saya. Karena saya di kuret dengan ukuran 7 cm. Insyaallah aman kog operasinya, tidak seram seperti yang ada di benak kita jika dengar kata operasi
Febrianty mengatakan…
Aamiin, senang dan terimakasih kak sudha mampir ke tulisanfebri. Alhamdulilah, jika semua terbaca di awal maka tidak akan membutuhkan proses pengobatan yang rumit dan panjang. Semoga semua keingin melahirkan dengan berbagai perjuanganya bisa segera terwujud ya Kak. Makanya, sebaiknya memang kita selalu aware dengan kondisi kesehatan diri sendiri, sehingga akan lebih mudah diatasi.
Febrianty mengatakan…
Terimakasih sudah mampir mbak, nah untuk memastikan apakah terkena polip atau tidak sebaiknya memang Mbak bisa konsul ke dokter SPOG supaya bisa terdeteksi ada atau tidaknya suatu penyakit yang menghambat proses kehamilan, sambil berdoa semoga Allah mudahkan prosesnya untuk segera memiliki keturunan ya Mbak. Semangat untuk terus berjuang mendapat garis biru dua nya
Boghaisan mengatakan…
Alhamdulillah semua dilancarkan ya mba, aku jadi banyak tau tentang polip dan jadi pengen cek juga ke dr
Grace Wattilete mengatakan…
Mba Febri.. aku jg sepertinya ada polip.. cm pernah ngecek ke dokter malah ilang benjolannya. Muncul lg pas menjelang haid. Menjuntai sperti usus ayam itu. Tp klo haid hilang. Bgtu seterusnya. Apakah bs keliatan klo USG ? Aku baru 2 bulan nikah tp pengen hamil krn usia bentar lg 31 thn
Agustina Elvryda Yanti mengatakan…
mba lalu gimana keadaan setelah kuret > polip brp cm?
Agustina Elvryda Yanti mengatakan…
mba saya hamil 16W, baru ketau polip saat memasuki umur 16W. karena flek tanpa rasa sakit di perut dan keluar lendir warna kuning gitu. polip ukuran 2cm. mba boleh minta alamat tmpt berobat
Anonim mengatakan…
Mf mba mau tanya apakah lahiran normal setelah polipnya di kuret
Anonim mengatakan…
Hai Mba, semoga sehat selalu ya.. saya baru saja cek ke spog dan dibilang polip servik 2.5cm saya takut dan cemas jadi ngebayangin yang serem2. Kata dokter harus ditindak dan nanti dibawa ke lab untuk tau apakah jinak atau ganas (Naudzubillah Min Dzalik)
Keluhan aku adanya flek di luar period menstruasi, jadi sering flek sebelum mens, baru keluar haidnya 3 hari nanti lanjut flek lagi begitu terus
Mba waktu tindakan seperti apa rasanya? Sakit kah?
Anonim mengatakan…
Seneng bgt baca semua komen, sm seperti sy, saat ini saya pasca operasi atau kuret polip (20 hari), tp sy ada keluhan pasca 20 kuret, masih nge flak bercampur lendir (keputihan) berwarna putih merah, sy jg gak tau penyebabnya apakah masih tersisa pokip di rahim sy, besok sy mau ke dr.spog... Yg jelas kuret polip sy ini tidak dalam kondisi hamil, umur 41 thn
Anonim mengatakan…
Dan gejala sy hampir setiap hari mengalami keputihan berwarna putih lengket.. Dan sebelum ketahuan ada polip selama 2 hr sy sempat nge flak keputihan bercampur darah sebanyak atau sebesar biji asam
Febrianty mengatakan…
semangat Bund, pasti dr akan memilihkan alternatif pengobatan yang baik. 1 cem termasuk kecil karena punya saya 7 cm an
Febrianty mengatakan…
Bisa mbak, malah sebelum USG dari awal dibuka dr sudah bisa memprediksi karena posisinya berada di mulut rahim. Tapi amannya sih sebaiknya USG saja mbak. Insyaallah dimudahkan memiliki keturunannya ya
Febrianty mengatakan…
search aja di google mbak RSIA Muhammadiyah Cipondoh Tangerang, nanti ada alamat di maps nya ya, semoga segera sembuh
Febrianty mengatakan…
Mohon maaf teman-teman yang kebetulan memiliki permasalahan sama dengan saya. Jika koment di blog tidak terbalas, boleh segera DM dan tanya tanya di akun instagram @febriantyrachma insyaallah akan lebih fast respon di sana ya. Terima kasih dan selamat berjuang jangan pernah lelah menanti kuasa Nya
Febrianty mengatakan…
turut sedih mbak, tetap semangat ya. Insyaallah akan segera diberikan kebaikan dalam penyakitnya
Febrianty mengatakan…
semangat mbak, insyaallah diberikan yang terbaik ya. Saat proses tindakan tidak berasa sakit mbak, aman kog hanya saja pada bagian miss V kita berasa ada yang korek2 aja