Pentingnya ASI Bernutrisi Untuk Ibu dan Bayi

Blackmores Ibu Menyusi

Sharing Pengalaman ASI Baby Devina

Saya masih ingat sekitar 8 bulanan lalu saat bayi Devina baru lahir.  Bahagia, terharu, senang campur aduk jadi satu karena kehadirannya mampu menyemarakkan rumah yang hanya dihuni oleh saya perempuannya. 

"Nih anakmu nangis, susuin dulu gih?" perintah ibu sambil menyodorkan bayi mungil yang masih dibedong itu mendekati saya. Sontak saya  nyengir yang kala itu sedang selonjoran kaki rapet lurus sambil sandaran di tembok kamar, dalam rangka pemulihan. 

Saya pun spontan berteriak saat bayi itu menempelkan mulutnya pada payudara kanan "huaaaa sakit" teriakan itu pun membuat Yangti nya anak-anak auto gemesh dan agak kesel pada saya. "Ini sudah hari keberapa? Kog kamu masih seperti ini?" 

Sedih itulah terpancar dari raut muka Ibu yang sudah jauh - jauh menyempatkan hadir dari Malang ke Tangerang demi menemani lahiran cucu ke 10 nya ini. "berasa ketemu musuh" dikarenakan payudara saya terasa nyeri hebat dan sakit luar biasa saat memberikan ASI untuk anak ke 3 yang dinanti ini. 

Masih ditambah pula dengan puting lecet sampai berdarah. Duhhhh pengen nasngis saja setiap menerima bayi dalam bedongan ini.  "Huaaa sakitnya ngalahin saat lahiran" kata saya yang hendak disodorin bayi tak berdosa ini. 

Moso setiap kasih asi selalu begini " Mas Imam.. ini lho Dek Febri teriak teriak  ga mau kasih ASI" canda Ibu pada saya serasa berpura pura manggil suami, saya pun dengan perasaan yang ambyar melaksanakan "tugas mulia" ini dengan penuh kesakitan. Akhirnya saya pun konsultasi via WA dengan tetangga sebelah  rumah yang bekerja sebagai bidan pemerintah. 

Dari hasil konsultasi tersebut saya disarankan untuk melakukan posisi perlekatan menyusui yang benar dan memperbanyak ASI supaya lancar sehingga mengurangi rasa sakit yang luar biasa hebat ini, secara Mas Jo anak kedua saat ini sudah berusia 8 tahun. Jadi jarak yang terlalu lama membuat saya keder disaat menjadi ibu baru kembali. 

Blackmores

Memang ya, dalam urusan memberikan ASI pada bayi tidak bisa dianggap enteng, karena 1000 hari pertama benar-benar harus dijaga dengan kualitas yang baik untuk tumbuh kembang ke depannya. Nah untuk itu support system dari orang terdekat pastilah  menjadi hal terpenting yang dibutuhkan oleh seorang Ibu menyusui. Support system pun bisa dilakukan oleh suami, orangtua atau mertua yang ada di rumah. 

Menyiapkan camilan, memberikan makanan yang cukup, mengajak curhat, membantu mengasuh si kecil, membantu pekerjaan rumah tangga hingga memberikan saya waktu istirahat sendiri itulah beberapa hal yang dilakukan oleh Ibu dan suami saya saat pertama kali dulu harus mengASIhi bayi mungil berambut kriwil ini. 

TIPS LANCAR MENYUSUI

Punya pengalaman memberikan ASI pada 3 anak membuat saya semakin bertambah pegetahuan dari banyak sumber. Baik itu dari tenaga kesehatan seperti bidan atau dokter anak, orangtua, tetangga, teman dekat, keluarga maupun dari internet. 

Nah berikut tips yang bisa saya bagikan supaya lancar menyusui dengan  ASI berkualitas untuk bayi spesial kita. 

1.  NIAT 

Segala sesuatu itu memang harus berawal dari niat, karena dengan niat yang dibarengin semangat membara dalam mengerjakan sesuatu hal termasuk menyusui maka akan menghasilkan yang terbaik. 

Jangan pernah putus asa dalam memberikan ASI, karena memang ASI lah yang dibutuhkan  untuk kebutuhan bayi kita terlebih di waktu 6 bulan pertamanya.  

2.  HINDARI STRES

Nah, sebagai seorang ibu baru pastilah akan banyak kebiasaan baru yang berbeda dengan sebelumnya. Untuk itulah ga sedikit dari para Mahmud  (Mama Muda) yang mengalami stress karena kaget dengan kebiasaan yang belum pernah ada sebelumnya.

Stress bisa menjadi pemicu dari terhambatnya ASI seorang  ibu, bayi pun sesungguhnya akan merasakan lho jika Ibu nya tidak dalam posisi yang nyaman saat memberikan ASI untuknya. So, lagi-lagi dibutuhkan support system dari orang terdekat pastilah sangat membantu bagi Ibu yang baru saja "menikmati perjuangan" menyusui.  

3. BERIKAN ASI SESERING MUGKIN

Semakin ASI dikeluarkan, maka akan semakin berproduksi lancar dan tidak berhenti. Hal ini disebabkan karena prinsip dari ASI adalah supply and demand  jadi semakin banyak ASI yang dikeluarkan baik dengan cara menyusui ataupun memompa ASI, maka akan semakin bertambah terus produksi ASInya. 

Oia berikan juga ASI sebanyak yang dia inginkan, sebaiknya jangan dibatasi dalam memberikan ASI. Apalagi saat masih new born pastinya bayi akan lebih banyak waktu tidurnya, nah dulu saya bangunkan Devina jika dirasa bobo nya pules banget sampai lupa nyusu. 

4. Cukup Istirahat 

Ini penting lho, ibaratnya ponsel tidur yang cukup adalah cara mengecharge isi baterainya supaya optimal saat digunakan. Begitu pula dengan ibu menyusui, dengan istirahat yang cukup maka akan membuat Ibu bisa memiliki tenaga ekstra untuk mengurus si kecil kembali.

5.  Makanan Sehat dan Bergizi 

Ingat ya, yang dimaksud di sini adalah makan bergizi bukan makan yang sekedar makan untuk sekedar mengenyangkan perut semata. Karena dengan makanan yang bergizi maka si kecilpun akan merasakan asupan berkualitas yang terpenuhi dengan baik lewat ASI yang diminumnya.

6. MINUM AIR PUTIH YANG BANYAK

Well namanya ASI itu bersifat cair, jangan  sampai kita sendiri lupa minum sehingga kekurangan cairan yang pastinya  dibutuhkan oleh tubuh kita. Usahakan minum air putih 3 liter sehari. 

Saya pun selalu menyiapkan botol minum di samping tempat tidur, jadi sewaktu-waktu haus  ga perlu lagi berjalan ke dapur (terkadang ini yang bikin malas) untuk mengambil air putih. 

Blackmores

7.  KONSUMSI SUPLEMEN UNTUK IBU MENYUSUI

Kalau ini memang sepertinya tidak bisa dilepas dari keseharian konsumsi Busui (Ibu menyusui) macam saya, karena tidak memungkiri jika makanan yang saya konsumsi terkadang masih acak kadul. Karena apa yang ada di depan mata itulah yang saya makan haha. Secara Busui gampang laparnya kan. 

Nah untuk menyiasatinya saya mengkonsumsi suplemen untuk menambah kualitas. Karena apa yang Ibu konsumsi itulah yang menjadi kualitas ASI yang dihasilkan. Secara... semua Busui pasti butuh yang namanya  ASI bernutrisi lengkap.

Nah supaya ga penasaran, di bawah ini akan saya rangkum kelebihan dari suplemen yang saya minum untuk bantu tumbuh kembang Baby Devina selama ini. 

REKOMENDASI  SUPLEMEN BERNUTRISI UNTUK IBU DAN BAYI 

Yess, sudah makan dan minum banyak lalu kenapa sih harus capek capek nambah suplemen juga untuk asi bayi? jawabannya adalah karena dengan konsumsi suplemen khusus  untuk ibu menyusui maka  asupan nutrisi busui akan tercukupi dengan baik. Sehingga bisa membantu tumbuh kembangnya dari dalam pada 1000 hari pertamanya yang sangat penting dan menentukan ini. 

Blackmores

Nah, awalnya saya ga kepikiran konsumsi suplemen ini, namun karena latah ikutin beberapa teman yang lewat di time line Instagram, alhasil saya pun ikutan kepo dengan produk asal Australia ini. Haha gpp ya kalau kita jadi follower yang baik perihal  kebutuhan nutrisi si kecil. Karena masa yang tak bisa diulang dan menjadikannya sebagai moment mahal yang harus diperjuangkan sebaik mungkin. Jangan sampai penyesalan itu datang di kemudian hari.

Tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan dengan Blackmores yang terkenal di dunia kehamilan dan per ASI an ini. Jadi Blackmores adalah suplemen bernutrisi untuk Ibu di masa menyusui. Uniknya lagi Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold (PBFG) ini mengandung suplemen dengan kandungan lengkap,  17 nutrisi esensial bantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan nutrisi untuk buah hati kita.

Blackmores

Oia, manfaat dari Blackmores ini baik juga lho dikonsumsi untuk Ibu yang sedang hamil. Karena segala kebutuhan bayi harus tetap dipersiapkan sedari janin dalam kandungan. So bagus juga nih buat bantu asupan nutrisi bumi di luar sana yang lagi bingung nyari referensi suplemen untuk ibu hamilnya.

Senangnya lagi, dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh di bulan Agustus kemaren, Kalbe Blackmores Nutriton turut serta mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui  dengan tujuan untuk memberikan pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui dengan membagikan 12.000 botol  Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold (PBFG) dengan menggandeng kerjasama bareng yayasan bumi sehat sejak 2017 lalu. 

REVIEW SINGKAT BLACKMORES PREGNANCY and BREAST FEEDING GOLD

Blackmores

Kemasan :  terbuat dari botol kaca yang tebal dan berwarna coklat tua. Isinya bervariasi mulai dari kemasan isi 60, 120, 180

Harga : bervariasi masing-masing marketplace start di angka Rp 165.000 

Anjuran Pakai : diminum 2x dalam sehari  (kalau saya bisa pagi dan sore atau siang dan malam sebelum tidur) 

Petunjuk Penyimpanan : Simpan di bawah 30°C di tempat yang kering, dan pastinya jauhkan dari paparan sinar matahari ya

Setelah minum Blackmores yang memiliki kandungan 17 nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui, saya pun merasakan ASI menjadi lebih banyak, kental dan juga payudara selalu berasa penuh dengan ASI yang dibutuhkan Baby Devina. Selebihnya "si keriting" ini bisa minum sepuasnya sehingga mengurangi rewel dan membuatnya tidur pulas karena asupan yang cukup. 

Blackmores

Minumnya pun praktis, karena kapsul lunaknya lumayan agak besar ukurannya yang berbeda dengan kapsul biasaya jadi membutuhkan ektra minum air putih untuk medorongnya masuk, tapi lebih bagus sih itu karena kita kan memang diusahkan untuk minum banyak air putih supaya tidak kekurangan cairan dong. 

Jadi gimana? udah ga ragu lagi kan pilih Blackmores untuk menunjang keseharian kita dalam memberikan asupan terbaik untuk bayi? cuss ikutan beli juga produk yang recommended ini. 

Kalau ada yang tanya pada seputar repurchase dengan si botol kaca coklat ini? dengan sigap saya langsung jawab "iyess"  karena Blackmores Pregnancy and breast feeding gold ini untuk menyusui dan juga yang harus dipersiapkan oleh calon ibu sejak masa kehamilan supaya bisa tetap mendapatkan ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa.

Blackmores

"Belinya dimana Feb?" Cuss kepoin aja apotek besar terdekat di kota kalian. Males beli offline? tenang... kalian bisa dapatkan dengan mudah kog di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee dengan nama akun tokonya Blackmores Official Store.

Atau teman-teman bisa berkunjung untuk sekedar koment dan tanya tanya di akun resmi  Instagramnya @blackmoresid dan juga kunjungi saja webnya untuk menggali info lagi  seputar produk ini di https://www.blackmores.co.id

Oia, untuk lebih jelasnya mengenai review singkat seputar Blackmores sudah saya rangkum di video berikut ya genks, silahkan tonton sampai habis supaya mengetahui alasan mengapa saya memilih Blackmores sebagai pendamping menyusui saat ini. 

Oke, segitu dulu ya teman-teman sharing seputar tulisanfebri kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah mampir dan membaca. Ketemu lagi di tulisanfebri berikutnya. 










 


 


Komentar

www.grandysofia.com mengatakan…
Gemes bangetttt ntar pengen punya babby kayan Devinaaaaa aamiin, mkanya gaoleh nglamak ambek ibu ya mba, masa-masa hamil melahirkan dan menyusui itu masya Allah
Andiyani Achmad mengatakan…
baby kayan devina menggemaskan sekali, tumbuh sehat dengan asi bernutrisi karena ibunya rajin konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold setiap hari
Ida Raihan mengatakan…
Menjadi busui emang kudu dijaga semuanya ya Mbak. Ya pikiran, ya makanan, perasaan, bahkan posisi menyusui juga harus nyaman. Semangat Mak, semoga dimudahkan semuanya. Apalagi sekarang sudah dibantu sama blackmores ya.
Elly Nurul mengatakan…
Halo busui kesayangan.. memang ya momen melahirkan dan menyusui itu layak banget untuk disharing kepada para ibu lainnya, agar bisa menginspirasi banyak ibu ataupun calon ibu dan aku setuju banget jika nutrisi buat ibu dan bayi perlu di tunjang dengan multivitamin yang lengkap kandungannya seperti blackmores
Cindy Vania mengatakan…
Aku juga dulu konsumsi blackmores pas hamil dan menyusui mba. Rasanya jg enak dan ga eneg.
blackmores ini lagi hits banget ya di kalangan blogger nanti kalo udah punya anak aku mau cobain ahh supaya menyusuinya lancar
Afifah Haq mengatakan…
Aku tuh pengen coba blackmores ini, tapi pengen beli yang versi kecil dulu. Cuma sayang di marketplace stok nya selalu habis untuk varian ini yang isi 60.
Caroline Adenan mengatakan…
Sukses menyusui salah satunya adalah diawali dgn niat ya. Selanjutnya dgn supporr system.
Aku juga minum Blackmores juga nih selama menyusui, alhamdulillah lancar jaya selama menyusui.
Lidya Fitrian mengatakan…
Betulbanget harus dengan niat dulu baru deh berusaha supaya bisa menyusui dengan baik. Wah ada drama juga ternyata menyusuinya ya. Kalau urusan nutrisi selama mentusui ada blackmores
andyhardiyanti mengatakan…
Kandungan 17 nutrisi esensial ini nih yang bikin Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold beda dari suplemen lainnya. Ibu jadi tenang deh karena bisa memberikan ASI bernutrisi bagi si kecil.
lendyagasshi mengatakan…
Cantiknyaa~
Bener niih...busui mesti konsumsi Blackmores..agar ASI lancar and no drama-drama anymore.
Oh, diminumnya 2 kali sehari yaa..bahkan saat hamil, sudah konsumsi Blackmores.
ira duniabiza mengatakan…
Saat seperti sesudah melahirkan ini memang penting sekali memiliki support sistem yang kuat ya mba... Sehat selalu eyang utti
echaimutenan mengatakan…
Aku juga pakai blackmores ini enakkkk banget bikin nyaman badan ama kentel insyaallah 2 tahun
Herva Yulyanti mengatakan…
niat itu emang penting ya mba, aku juga dulu menyusui kedua anakku itu dengan niat wkwk plus minum blackmores alhamdulilah asi melimpah hingga bisa donor
Wati mengatakan…
Terimakasih sekali infonya bunda.....sangat bermanfaat
Eryvia Maronie mengatakan…
Blackmores nutrisinya lengkap ya.
Cocok buat busui, biar ASInya padat gizi.
Kan ASI hak anak yang wajib diberikan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.
nurul rahma mengatakan…
Btw, aku dulu juga syusyaahh bgt awal2 meng-ASI-hi bayi. Macem2 deh, mulai dari bingung puting, ASI ga lancar, dll dsb. Hamdalah ada Blackmores yg bisa jadi Super-Duper-Hero buat bumil busui yaaak

Semangaaatt, semuanyaaaa 😀
HM Zwan mengatakan…
Yang paling dihindari sama busui itu rata rata ke stres ya mbk. Kebayanglah kalo stres, ASInya berkurang. Ibu menyusui selain butuh makan makanan yang bergizi, juga harus konsumsi vitamin. Seperti Blackmores
Ade UFi mengatakan…
Keder yaaa 8 tahun ga punya baby trus punya baby lagi.. ade juga, Adek Fi 10 tahun jaraknya sama si Abang rada keder. Tapi soal menyusui justru paling sukses sama Adek Fi nih. Memang sesuai yaa ASI tuh suply and demand keluarnya. Alhamdulillah lancar dan banyak kalau bayi disusui terus.malah sampai luber2 kalau ga kasih berapa jam aja. Kudu di pompa. Sayangnya dulu wkr Adek Fi ga kenal blackmore. Kalau dah kenal makin mantul deh nutrisi ASInya
Dian Restu Agustina mengatakan…
Alhadulillah baby Devina sehat ya, Mbak Febri. Aku bisa bayangi perjuangan awal ngASI yang bikin lecet dan sakit saat menyusui..Apalagi nih jaraknya 8 tahun ya, aku aja 5 tahun dulu berasa belajar lagi jadi ibu baru huhuhu. Dan memang melakukan posisi perlekatan menyusui yang benar dan memperbanyak ASI supaya lancar bisa mengurangi rasa sakitnya. Maka melengkapi asupan nutrisi salah satunya dengan Blackmores ini bisa jadi solusi
Lisdha mengatakan…
Saya salfok sama foto baby devina pakai tutup mata. Fase menormalkan siklus tidur kah? Langsung ide komentar jail : pake masker kok di mataaa sih adeeeek gemessssh hehehehe. Foto pas usia berapa tu bund bobo pakai penutup mata?
Keke Naima mengatakan…
Waktu hamil pertama kali, tante saya kasih tau supaya rajin membersihkan pori-pori puting dan mengoleskan dengan baby oil. Katanya biar pori-porinya gak tersumbat dan puting juga lemes. Jadi pas menyusui gak sakit.

Sarannya memang terbukti. Pas masuk usia kehamilan 6-7 bulan biasanya udah mulai merembes. Nah kalau untuk nutrisinya tentu bagus banget deh mengkonsumsi Blackmores
Agi Tiara | duckofyork mengatakan…
wah aku baru tau kalau blackmores sudah ada di ecommerce. dulu biasanya beli langsung. bisa pake voucher-voucher cashback nih hehehe
Nina mengatakan…
Meskipun kita tahu bahwa mengASIhi itu tidak selalu mudah prosesnya tapi mengonsumsi ASI Booster seperti Blackmores ini memang jadi andalan ketika mengASIhi :)
Juliastri Sn mengatakan…
Banyak hal yang perlu diperhatikan selama menyusui diantaranya support system yang oke dan pikiran ibu harus rileks supaya ASI nya lancar..
Ria Rochma mengatakan…
Meminum suplemen untuk ibu hamil, memang diperlukan ya mbak. supaya nutrisi tetap terjaga. Tapi ya tetap, harus dengan konsultasi ke dokter kandunga juga :)
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Dulu waktu lagi hamil, saya dianjurkan untuk sering membersihkan payudara dengan baby oil. Alhamdulillah gak pernah ngerasain lecet. Memang kalau mau memberi ASI itu yang utamanya niat dulu ya...
Hidayah Sulistyowati mengatakan…
Aku bisa merasakan pedihnya hati karena puting lecet saat ngASI. Karena pernah ngalamin saat anak kedua usia 3 bulan. Alhamdulillah dek Davina mendapatkan ASI. Memang suplemen untuk melancarkan produksi ASI penting, juga jangan sampai stres yang bikin ASI malah macet
Mirna mengatakan…
rata-rata sama ya drama diawal menyusui itu puting lecet, tapi setelah melewati itu rasanya seneng banget karena lancar dan nyaman tinggal nge booster ASI nya supaya tetep lancar pakai Blackmores... semangat menyusui mba
www.grandysofia.com mengatakan…
kalo buat keperluan para busui itu memang harus benar ya asupan nutrisinya tentu dengan bantuan dari Blackmores yg pink ini jadi andelan ya mba
Desy Yusnita mengatakan…
Kalau aku dulu suka basahin puting dengan asi dulu sebelum menyusui si bayi, masih perih tapi paling engga ada sedep-sedepnya hehehe.
Nia K. Haryanto mengatakan…
Bener banget tips-tipsnya. Aku juga dulu terapkan hal yang mirip biar bisa sukses menyusui. Tapi bedanya, aku dulu gak konsumsi Blackmores. Belom tahu soalnya. Huhu, andai dulu udah ada, Asiku pasti berkualitas. Gak bakal ada kayaknya yg bilang anakku kurus terus
Adriana Dian mengatakan…
devina dah gede amaaaat, cantiiiiik.. hihi. Blackmores ini emang oke banget ya makfeb untuk bumil dan busui, sayang aja dl pas aku hamil dan menyusui, belom kenal sama blackmores.. ntar kali ya aku konsumsi pas anak ketigaaaa.. wahahahahaa
lendyagasshi mengatakan…
Blackmores ternyata manfaatnya gak hanya untuk ASI yang lancar sehingga beibi sehat dan terpenuhi nutrisinya, tapi juga untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk sang Ibu yang diserap beibi.
Diah Kusumastuti mengatakan…
Mbakkk foto Devina nya kuranggg.. hihihi gemessss banget liat si kriwil cantik ini.
Btw Alhamdulillah ya perjuangan menyusuinya berbuah manis, Devina tumbuh sehat dan menggemaskan :)
Dengan Blackmores ASI bernutrisi buat si kecil jadi terjamin ya :)
Helenamantra mengatakan…
Ayuneee Devina. Sehat yo Nduk. Alhamdulillah. Meski awalnya takut nyusuin karena sakit, alhamdulillah sekarang lancar menyusui
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Ternyata sampai anak ketiga pun masih bisa ya mba muncul masalah dalam menyusui gini. Emang perlu support system yang baik ya di rumah agar kita juga semangat mengASIhi meskipun ada aja masalah yang menyertai. :)
Indah Nuria Savitri mengatakan…
Breast-feeding can be a very unforgettable moment and then preaching at the same time. We have to ensure we give nothing but the best to our kids
Dewi Rieka mengatakan…
Blackmores ini banyak yang rekomendasikan ya bagus buat busuk biar makin semangat dan pede menyusui, sehat selalu yaaa
Febrianty mengatakan…
Iya betul g boleh ngelamak-ngelamak harus nurut sepenuh hati, bener banget blackmores bisa jadi andalan untuk busui supaya nutrisinya tercukupi dgn baik
Febrianty mengatakan…
Alhamdulillah Aamiin, makasih Te. Iya nih minum Blackmores udah seperti keharusan 2x dalam sehari supaya Asi Devina makin lancar
Febrianty mengatakan…
Aamiin iya betul banget mbak, alhamdulilah sekarang sudah nemuin teman yang bisa diajak jaga asi Devina supaya tetap lancar
Febrianty mengatakan…
iya betul banget, supaya bisa berbagi sehingga mereka tidak akan merasakan hal buruk yang sama denganku, nah untungnya sekarang ada blackmores yg membantu bgt busui seperti aku
Febrianty mengatakan…
Wah toss samaan kita ya
Febrianty mengatakan…
ahahaha iya ketularan dari teman lainnya
Febrianty mengatakan…
Emm saking larisnya ya jadi selalu habis
Febrianty mengatakan…
iya betul asi lancar kebutuhan ibu dan bayi terjaga dengan baik pastinya
Febrianty mengatakan…
aamiin, iya bener banget mbak direkomendasikan karena memang berkhasiat ya. Terimakasih mbk doanya
Febrianty mengatakan…
Betul banget, niat dan support system supaya selalu terjaga asi nya . Alhamdulilah seneng dengarnya mbak
Febrianty mengatakan…
nah betul banget mbak, setuju ada drama juga huhuhu baru deh ketemu sama blackmores
Febrianty mengatakan…
aamiib, iya bener mbak penting bgt supaya ada teman juga saat sekedar berbicara curhat ya
Febrianty mengatakan…
aamiin, toss kita mbak. Semoga 2 tahun nya lancar ya
Febrianty mengatakan…
Iya benar mbak, kadang beda anak beda cerita dan masalah ya
Febrianty mengatakan…
Aamiin maturnuwun Ibu Sid, iya itu dulu sekarang alhamdulilah lancar ya
Febrianty mengatakan…
Ahaha iya mbak, aamiin untung nemu nutrisi yang pas ya
Febrianty mengatakan…
Aamiin semoga ketularan anak ketiga ya Ma Ian hahaha
Febrianty mengatakan…
Huhu cuekin aja mbak, yg penting anak kita sehat aja udah cukup.
Febrianty mengatakan…
wah makasih tipsnya mbak
Febrianty mengatakan…
Nah iya bener banget, sekarang tinggal ngebooster dengan blackmores yang bisa memahami
Febrianty mengatakan…
Alhamdulilah iya mbak, masyaallah senengnya yang bisa sampai donor asi duh lancar banget ini mah
Febrianty mengatakan…
Hehe senengnya belanja pakai voucher. Iya mbak sudah ada di market place kog sekarang jadi makin gampang nyarinya
Febrianty mengatakan…
Sama-sama, terimakasih kembali sudah mampir
Febrianty mengatakan…
Wah sama ya mbak, belajar jadi ibu baru saat melahirkan kembali. Nah betul mbak blackmores bisa jadi solusi untuk memperlancar asi supaya ga lecet karena asinya yang dihisap banyak oleh bayi.
Febrianty mengatakan…
Ohh gitu, noted lah tipsnya semoga pembaca yang lain juga bisa mempraktekkan ya. Seneng kalau asi sampai merembes rembes gitu
Febrianty mengatakan…
Iya betul banget mbak, asi harus tetap diberikan untuk tumbuh kembangnya ya
Febrianty mengatakan…
Alhamdulilah iy mbak, sekraang sudah ada blackmores sehingga menyusui g ada drama lagi
Febrianty mengatakan…
Nah iya betul mbak, kudhu konsumsi supaya bisa dukung asi ya
Febrianty mengatakan…
Betul mbbak, banyak banget ya kandungan nutrisinya cukup lah support busui
Febrianty mengatakan…
Aduh seneng banget denger ASI adek Fi sampai luber luber mbak, semoga sehat selalu dek Fi
Febrianty mengatakan…
Betul mbak, membantu banget lho Asi boosternya
Febrianty mengatakan…
Betul banget, seiring sejalan ya ASI dan support system
Febrianty mengatakan…
Hehe tergantung mbak, kalau mau konsul boleh ga juga gpp kog.
Febrianty mengatakan…
Noted mksh tipsnya mbak
Febrianty mengatakan…
Nah betul banget mbak, jangan stres supaya lancar ya asi nya