Langsung ke konten utama

Belajar Menulis Konten Menarik Untuk Blog Yuk

"Anak-anak jangan lupa. Sampai rumah juga harus tetap belajar ya?" ucapan begini pasti tidak asing kan di telinga kita saat dulu masih sekolah. Dan kalau ngomongin tentang belajar, pasti kita juga tidak akan menolak bahwa belajar itu tidak mengenal usia dan juga waktu. Lalu buat kita yang seorang blogger *atau profesi apapun yang teman-teman geluti saat ini. Maka tidak menutup kemungkinan untuk terus belajar kan?

Nah, kitapun juga harus tetep butuh update skill lho dalam menyelami dunia tulis menulis ini. Karena dengan kita mengupgrade skill yang kita miliki. Maka akan meningkatkan kualitas dari nyawa tulisan yang dibaca oleh pembaca. Gampangnya gini, kalau tulisan kita oke, otomatis para pembaca blog akan tertarik dan menyelesaikan bacanya hingga tuntas tas. 
Kanawa Coffe & Munch, Tempat Acara Berlangsung
Nah, dengan begitu sehingga informasi yang ingin kita sampaikan bisa diterima dengan baik dan bermanfaat buat mereka. So, alasan utama inilah yang mendorong saya, hadir di acara yang digelar oleh komunitas blogger khusus perempuan yang bernama Indonesian Female Blogger (IFB) dimana foundernya adalah mbak Yonna Kairupan atau biasa disapa Mayo alias Mama/ Madam Yona πŸ˜€. 

Jujur, baru kali ini ikut eventnya IFB dan rasa senangnya makin bertambah ketika ketemu Mayo secara langsung. Sayang, kemaren saya ga sempat foto bareng beliau hikshiks 😒. Well, acara belajar kali ini diselenggarakan di sebuah resto yang kekinian dan instagramable Kanawa Coffe and Munch di daerah Kebayoran Jakarta Selatan, pada hari Sabtu 13 Mei 2017 pukul 10.30 - 15.00. Tempatnya bersih, kekinian dan dingin pastinya ya. Makanan dan minuman yang menjadi menunya pun beragam. Tinggal pilih deh sesuai selera.


Lalu ngapain sih kog saya mau datang di hari libur dan hari keluarga pula. Lagian belajar kan bisa dari mana saja. Iyap betull banget, saya niatin datang di acara ini sengaja untuk mencari ilmu, karena mumpung narsumnya ga diragukan lagi yaitu Teh Ani Berta yang sudah malang melintang dan berpengalaman di dunia blogger. Ssstttttt padahal seharusnya Sabtu pagi sampai siang saya ada undangan parenting lho dari sekolah adek Jo. Maafken ya Bunda guru hikhshiks, peace deh. Next ga bolos lagi hehe.

Karena undangannya datang lebih dulu, dan memang saya sedang ingin belajar dan belajar untuk menghasilkan konten yang menarik. 

Yuhuuu acarapun dibuka oleh Mayo ya. Suasana akrab, sudah pasti dong ya. Kami mendengarkan setiap sesi dengan baik dan terlihat antusias peserta yang datang pun tidak melewatkan kesempatan sharing ilmu kali ini dengan baik. 

Di sesi pertama ada Mayo yang memperkenalkan mbak Emanuella Christianti seorang blogger yang memfokuskan tulisannya kepada parenting dengan nama blognya yang easy listening dan mudah diingat yaitu www.nyonyamalas.com (unik kan hehe).
Katanya sih ya, nama itu diambil karena nama aslinya yang agak susah dan ribet untuk diingat oleh orang. Makanya dia sengaja mengambil nama yang gampang diingat oleh para pembaca blognya (noted xixi). Dan menempelkan nama suaminya sebagai Tuan Besar di dalam penulisan di Blognya.

Oia disini blogger yang tingginya diatas saya ini (saya 155 cm) bercerita bahwa tentang banyak hal dalam prestasinya di dunia blogging. Banyak ilmu yang kami serap dari doi, tapi dengan tidak terkesan menggurui ya. Seperti :
  1. Memenangkan lomba blog, yang hadiahnya uang cash yang bisa digunakan untuk persiapan melahirkan.
  2. Menulis tentang kesehatan jantung yang dapat memenangkan lomba blognya, dan menginspirasi kantor salah satu temannya untuk menggiatkan senam seminggu sekali. Ini yang membuat dia merasa senang dan bahagia karena artikelnya bisa bermanfaat untuk orang lain.
  3. Selanjutnya, dia juga berbagi tentang bagaimana cara supaya rajin menulis pasca lahiran yaitu ketika mencuri-curi waktu saat doi menyusui Gayatri putri kecilnya untuk ngedraft dari Hp. 
  4. Dan pesannya jangan malu untuk meminta bantuan pada orang lain.
  5. Cari yang menjadi kelebihan kita untuk sosmed ya (pesannya)
Selanjutnya ada mbak Amanda Anandita yang menginspirasi dengan kisah blog khusus dan hanya berfokus pada dunia kecantikan wanita (blogger beauty). Si cantik ini menceritakan sekilas tentang bagaimana mendatangkan PV atau penayangan blognya minimal 6500-10.000 / hari. 

Whats itu tiap hari lho guys, banyak bingitttt mbak (dalam hati saya dong). Ternyata kembali lagi kekuatannya ada pada konten ya. Dengan konten yang konsisten para pembaca blognya akan senang dan mendapatkan informasi yang dicari bisa didapatkan dari blognya. 

Pertama memiliki blog di akhir tahun 2014, wanita yang juga menjadi salah satu co founder IFB ini berujar bahwa " Ketika dia menulis konten yang berbeda dari tema blognya maka PV nya pasti langsung menurun drastis. Nah, disinilah kita bisa mengetahui karakter artikel yang disukai oleh para pembaca blog kita"

Wahh ilmu banget nih, jadi kepikiran juga pengen bikin blog yang mengulas seputar fashion dan beauty sedikit-sedikit *ahayyy. Secara saya kan suka foto OOTD an ala-ala wkwkkw. Bahkan salah satu komentar di IG bilang "sudah saatnya nih menjadi beauty blogger" Hadehw mbak, please deh, diriku kan belum punya banyak keahlian disitu huhuhu. 

Next sesi inti dari Teteh Ani Berta yang sudah malang melintang di dunia blogger. Beliau adalah salah satu co founder komunitas Blogger Reporter Indonesia (BRID) dan juga founder komunitas blogger Indonesia Sosial Blogpreaneur (ISB).

Teh Ani mengawali menulis blog di tahun 2008, dan akhirnya memutuskan untuk resign di tahun 2013 dari pekerjaannya guna menggeluti profesi barunya sebagai fulltime blogger. Singkat kata banyak prestasi yang sudah berhasil beliau dapatkan ya dalam dunia blogger. Termasuk bolak balik menang lomba hingga undangan jjs ke luar negri 😍.

Oia saya sudah kali kedua ikutan belajar konten bareng beliau, dan ini  tulisan pertama saya dari hasil belajar saat itu bersamanya tentang bagaimana cara menulis reportase yang benar untuk blogger. Teman-teman juga bisa baca profil lengkap beliau disitu ya. 

Nah, bagaimana menulis konten yang baik? ini beberapa hal yang perlu saya praktekkan hehe, seperti :
  1. Belajarlah membiasakan menulis setelah 2 hari dari acara. Karena dengan begitu akan berasa faktual dan up to date alias tidak basi hehe.
  2. Menulislah secara hard news (terutama ketika menuliskan suatu event supaya tidak terlambat dan max 2 hari setelah acara dengan konsep 5W1H) atau Feature Stories (ada narasi dan juga interview yang bisa dilakukan sebelumnya)
  3. Press release, gunakan sewajarnya hanya untuk panduan untuk menuliskan nama dan gelar dari narasumber acara, sejarah brand dan intisari acara. Bukan untuk patokan atau bahkan dicopas ya hehe.
Dan ini nih yang paling penting, tekhnik menulis reportase ala blogger dari Teh Ani Berta sehingga membuat konten kita menarik untuk dibaca, seperti : 
  1. Terapkan konsep menulis 5W1H (What, Who, When, Why, Where dan How) tentang suatu hal yang kita tulis. 
  2. Sisipkan kalimat aktif narsum atau pengisi acara / kutipan sumber lainnya.
  3. Tidak salah dalam menuliskan gelar narasumber acara (penting ting ting ini mah, jangan sampai salah sebut nama orang ya guys)
  4. Sebelum menulis reportase acara, lakukanlah riset secara kecil-kecilan sebagai bahan kpmparasi, bahwa kita tetap harus update
  5. Lakukanlah live tweet di acara yang kita datangi atau yang mengundang kita meskipun tidak diminta. Hal ini terkait dengan berfungsinya live twit sebagai penambah follower, bahan tulisan dan juga menginformasikan hal yang bermanfaat kepada follower. 
  6. Gunakan foto milik sendiri, dan jika menggunakan milik orang lain untuk tayang di blog kita. Maka harus kita sertakan nama pemilik gambar tersebut.
  7. Sediakan notes dan pulpen untuk mencatat hal penting dengan cepat.
  8. Jangan lupa untuk menshare link artikel kita di sosmed yang kita miliki ya teman-teman. Bisa melalui FB, Twitter, G+ dll. Pokoknya maksimalkanlah cara supaya bisa menarik pembaca berkunjung di blog kita. 
Huaaa banyak banget ternyata hal yang harus saya praktekkan ya, terutama share link suka males nih hehe. Oke paling tidak mengikuti acara ini membuat pikiran dan mata hati saya terbuka untuk terus meningkatkan konten yang baik ya untuk blog saya huhuhu. Biar PV nya cakeplah kayak mbak Manda dan juga menang lomba blog kayak mba Ela (nyonyamalas) atau siapa tahu bisa jjs dan dikontrak secara ekslusif oleh suatu lembaga/ brand seperti Teh Ani *halah ngayal Feb πŸ˜›. Aamiin aja dulu deh wkwkw.
Dan sepertinya setelah acara ini, saya pengen deh punya blog yang mengulas hoby dan passion saya dalam satu tema yang sama, tanpa dicampur adukkan dengan ini itu wkwk. Minta doanya ya teman-teman supaya saya bisa bikin blog lagi yang mengulas seputar fashion dan beauty ala-ala Febri hehe. Ya kaliii kalo blog kedua saya isinya satu tema gitu PV saya bisa samaan kayak mbak Manda ahayyyy 😁

Terimakasih IFB, Mbak Ela, Mbak Amanda dan juga Teh Ani atas sharingnya yang luar biasa di siang menjelang sore hari itu. Semangat menulis saya jadi makin menggebu-gebu nih. Terimakasih juga g
oodiebag menariknya, semoga tidak bosan ya mengadakan acara yang bermanfaat seperti ini lagi kedepannya xixi. Belajar menulis konten yang menarik untuk blog yukk teman-temans, kita upgrade ilmunya bareng-bareng dan menerapkan isi materinya Teh Ani demi kebaikan dan keberlangsungan blog kita kedepannya hehe πŸ˜…















Komentar


  1. Terima kasih sudah hadir ya Febry :)
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mkasih juga ilmunya Teh Ani, senang bisa datang kemaren ilmunya banyak banget

      Hapus
  2. Wah makasih mbak sharing'y. Jadi harus belajar lebih giat lagi ya mbak.

    BalasHapus
  3. Senangnya mbak bisa ikut acara seperti itu, sarat akan ilmu penting mengenai blog ya.
    Aku pun mulai fokus di 3 niche buat blog hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, harus belajar dan tetep belajar ya kita xixi

      Hapus
  4. Oooohhh ternyata maksimal update tulisan event tuh 2 hari ya? Biar pas msh berlangsung jd msh hot maksudnya kan... wah beruntung bgt Febri bisa ikutan acara IFB sama mb Ani Berta...kpn2 mau join ah kalau waktunya cocok hehehe.. foto hasil sendiri lbh berarti ya diupload di blog..mudah2an hsl fotoku lumayan bagus hehehe ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga bisa kopdaran sambil belajar dan belajar lagi kita ya mbak. Wahh jangan khawatir, gambar blognya udah kece badai kayak pemiliknya xixi

      Hapus
  5. Wahbilmu bgt nih. Pembaca akan turun drastis kalai tulisan kita keluar dr tema biasanya ya. Hmm..

    Thanks sharing ilmunya ya. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehe, aku juga sempat merasa wow banget deh pas mendengarnya mbak xixi

      Hapus
  6. Duh banyak belajar juga nih aku darin tulasan ini mak Feb.. Gile kece banget itu mbak Amanda PV perharinyaaa. Bikin iriiiii.. Hihiiii. Makasi sharinganya ya mak Feb :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha dirikupun juga irihhh,, mari kita belajar bersama-sama mak demi kebaikan dan keberlangsungan blog kita wkwk

      Hapus
  7. Bukan cuma bocah aja yang harus belajar, blogger juga hrs sering sering update ilmu spy lebih jelas mau melangkah kemana dan lebih produktif serta berkualitas lagi.hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget, setuju mak. Biar makin berkualitas dan tidak itu2 aja kan hehe

      Hapus
  8. 2 hari, Ayo bisa nulis hbis event. Aku biasa 3 hari update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh aku baru mau belajar, mpo udah praktek hehe

      Hapus
  9. dapat ilmu baru nih.makasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
  10. Mba Amanda yg dokter juga + beauty blogger ya ?
    keren bingin PV perhari sampe puluhan ribu..w.ow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh ya, mupeng kalau lihat yang begini gini xixi

      Hapus
  11. Yuhuuu... pokoknya buat kelasnya Teh Ani, apapun deh ya, haha... Biar kita makin pinter bikin konten yang asyik untuk dibaca, tentunya sama pengen baca beneran, bukan sama yang pengen ngelemparin akunnya doang, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya bener banget, harus baca dan ga nitip akun doang. Toh baca juga bagian dari belajar kan ya

      Hapus
  12. asyiknya belajar sama senior....

    BalasHapus
  13. Mngusir rasa bosan saat mnulis, hal yg sulit dilakukan

    BalasHapus
  14. Wah aku nulis masih campur-campur ga bis satu tema doang haha. Bermanfaat bgt ya mba acaranya, saya juga ngerasa blogging memberi byk buat saya, saya jadi belajar nulis, fotografi dan design, selain itu ketemu byk tmn baru juga.

    Oiya salam kenal mba Febri suka dengan blognya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener banget itu mbak, saya pun juga sama belajar banyak hal setelah terjun ke dunia ini xixi salam kenal balik ya.

      Hapus
  15. ahaiii, baru ini maen (lagi) ke blog nya mb Febri. Makin keren, euy! Makasih sharingnya ya mbak, aku juga ikutan nyimak meski ga dateng acaranya :) Manda temen se grup WA aku juga, hihi.. keren emang dia!

    BalasHapus
  16. Nyonyamalas
    Hahahahaha
    Aku tau beliau, iya lho nama aslinya sumpah puanjang dan ribet. Tulisan dia enak dibaca juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAha iya bener banget, makanya dibikin yg simple ya

      Hapus
  17. Oooooohh ternyata sebaiknya nulis reportase H=2 ya, Feb...tapi kadang kitanya ga sempat karena kurang bisa membagi waktu atau kalah dengan sikon hehee..akhirnya nulis max H+4 atau lebih.. sip tks infonya, jadi makin tau nih aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha nah iya bener banget mbak hehe. Aku juga kadang suka molor mepet DL wkwkwk

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya πŸ˜ƒ membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…