Aksi Berbagi Buku Untuk Indonesia, Gerakan BCA yang Membuat Pelajar Lampung Tersenyum


Hallo teman-teman, ga berasa ya sudah bulan Juli saja. Rasanya baru kemaren deh ngurusin mas Gav dan adek Jo daftar sekolah, ehh sekarang sudah harus daftar ulang lagi aja buat kenaikan kelas hehe. Di bulan Juli yang merupakan pertanda bulan awal anak-anak memulai sekolah, juga merupakan bulan yang penuh suka cita yeayyy. Karena di bulan Juli ada satu tanggal yang diabadikan pemerintah nih untuk merayakan hari anak nasional.

Yapp 23 Juli sebagai hari anak, sepertinya pantas banget deh jika kita juga mensupport setiap kegiatan yang juga positif untuk seluruh Indonesia. Seperti gerakan berbagi buku yang digawangi oleh bank BCA yang menjadi jembatan dari para donatur yang menjadi nasabahnya dengan sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan buku. 


Rincian aksi dan awal gerakannya bagaimana sih? kog bisa tiba-tiba BCA menjadi jembatan buat bantuan yang sifatnya sangat positif ini. Nah, bisa teman-teman baca di artikel sebelumnya ya yang berjudul Buku Untuk Indonesia, Gerakan BCA yang Layak Kita Dukung, artikel yang saya tulis ketika saya menghadiri pencanangan gerakan ini saat digelar bulan Maret lalu di Jakarta.

Jadi, dengan melakukan penggalangan donasi dengan pembelian tshirt BCA yang didesain khusus para donatur sudah menyumbangkan sebagian rejekinya untuk anak-anak pelajar dari seluruh Indonesia. 

Btw jumlah keseluruhan donasi yang berhasil dikumpulkan oleh BCA dalam periode I penggalangan dana donasi yang berlangsung dari tanggal 15 Maret hingga 14 Juni 2017 sudah terkumpul lebih dari 1 Milyar 😍. Wow banget kan jumlahnya wkwkw.

Nah, dengan dana yang sudah terkumpul itu, banyak dong pastinya buku-buku yang bisa disumbangkan untuk seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Kali ini Lampung dipilih sebagai kota penerima pertama dari gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia. 

Btw Lampung ini merupakan simbolis dari pulau Sumatra lho. Dengan sasaran sebanyak 104 sekolah di 60 titik. Lampung lah yang menjadi awal dari saksi gerakan yang sangat perlu kita dukung ini.


Tari Daerah dan Dance ala Korea, Sumber Gambar : Atas @BowoSusilo98 Bawah @Vitarinda
Dan pada tanggal 21 Juli 2017, bertempat di SDN 7 Gadingrejo kabupaten Pringsewu Lampung ini ramai dan meriah dengan acara yang seru dan menarik minat pengunjung. 

Tidak hanya anak-anak pelajar SDN tersebut yang hadir menyaksikan, tapi juga masyarakat dan pengunjung yang berasal dari sekitar. Termasuk penyanyi Giring Nidji yang turut berpartisipasi memberikan story telling pada anak-anak yang hadir. 

Acaranya meriah lho, diatas panggung dengan dekorasi sederhana namun tetap menampilkan sisi anak-anaknya. Dan pengisi acaranya adalah anak-anak yang menjadi murid SDN 7 Gadingrejo yang menampilkan tarian-tarian dengan apiknya. 

Ada pembacaan puisi, tarian daerah, tari kontemporer, dance, kegiatan ekskul sekolah seperti drumb band dan taekwondo. Mereka pun tampak antusias mengikuti acara yang pasti akan membuatnya betah berlama-lama di dalam perpustakaan sekolah nanti hehe.


Penampilan Ekskul Taekwondo (sumber @yandigsa82) dan
Tarian Kontemporer (sumber @naqqiyyah_syam)
Selain itu, ada juga lho kreasi balon warna-warni yang bisa dibentuk beranek macam. Anak-anak pun semangat deh belajar membuatnya. Nah, selain itu hadir juga di acara ini Direktur Bank BCA bapak Santoso yang didampingi oleh Senior Vice President Corporate Sosial Responsibility bank BCA bapak, Sapto Rachmadi dan Kepala KCU BCA Bandar Lampung Soeharjo Moeliadi yang memberikan secara simbolis pemberian buku di atas panggung kepada 7 Kepala Sekolah SD Negri, yakni SDN 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 dan 5 Bumi Waras, SDN 3 dan 4 Sukaraja dan ada SDN 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandar Lampung. 


Penyerahan Simbolis Buku, (Sumber Gambar @vitarinda)
Oia di acara hari itu, juga hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu Tri Prawoto, Kepala dinas Pendidikan Propinsi Lampung bapak Sulpakar, Kepala UPT Pendidikan Bandar Lampung Yekti Budi Utami, Kepala dinas  Pendidikan Kabupaten Pringsewu Tri Prawoto, dan Kepala Dinas Sosial Bandar Lampung Sumarju Saeni. 


Penyerahan Buku Secara Simbolis. Sumber Gambar @Naqqiyah_Syam
Wahhh, salut deh buat BCA pokoknya yang tetap menjaga komitmen nya untuk selalu Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik dan Memberi Lebih Baik. Dan aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk memberi lebih baik bagi masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonsesia yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas dan berakhlak mulia pastinya. Hal ini disampaikan oleh Bapak Santoso saat memberikan sedikit sambutannya dari atas panggung. 

Selain itu, beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya lho kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan gerakan #BukuUntukIndonesia dan telah mempercayakan bank BCA sebagai perpanjangan tangan berbagi kebaikan. 

Dan beliau berharap, semoga anak-anak dapat memperoleh akses untuk memperoleh buku bacaan yang dapat membuka wawasan mereka terhadap dunia yang tanpa batas dan menuju kehidupan yang sejahtera. 

Giring Nidji Membacakan Story Telling Untuk Anak-anak (Sumber Gambar @Vitarinda)
Eits, tidak hanya SDN 7 Gadingrejo saja lho, yang menjadi simbolis penyerahan buku bacaan untuk anak usia sekolah ini. Acara serupa seperti ini juga  hadir lho di Makasar (sebagai perwakilan pulau Sulawesi) pada Tanggal 23 dan 25 Juli kemaren. 

Akan ada juga 3 kota yang dipilih dan memiliki acara yang serupa, ada kota Garut (mewakili pulau Jawa), Manado (mewakili pulau Sulawesi), Kupang (mewakili Indonesia Bagian Timur). Aceh (mewakili pulau Sumatra) dan Singkawang (mewakili pulau Kalimantan). Selanjutnya buku-buku bacaan ini akan didistribusikan ke sekolah-sekolah lain di berbagai daerah di Indonesia. 

Well, saking banyaknya animo masyarakat yang tinggi atas gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia maka gerakan ini akan terus berlanjut lho sampai akhir tahun 2017. Yukk ahh, kita support kecintaan anak-anak terhadap buku di Indonesia caranya cukup klik www.bukuuntukindonesia.com atau kunjungi cabang BCA terdekat untuk berbartisipasi dalam gerakan ini.



Dan sepertinya tidak salah pilih dong saya menjadikan bank BCA sebagai teman transaksi dan simpanan uang saya. Membantu banget dengan klikbca nya, internet bankingnya selama 24 jam non stop, mesin EDCnya yang memudahkan berbelanja, ribuan ATMnya yang gampang ditemui,  pelayanannya yang ramah, profesional dengan kecepatan dalam bertransaksi dan membuat saya nyaman karena mudah bertransaksi hehe. Apalagi sampai Maret 2017 sudah tercatat sebanyak 16 juta rekening nasabah dan membantu proses transaksinya. Saya dong salah satunya 😁.

Sukses terus pokoknya buat BCA ya, sukses juga dengan gerakan positifnya dan terus menginspirasi masyarakat untuk memberikan donasi untuk anak-anak supaya tetap giat dan membaca demi menggapai cita-citanya kelak. Semoga tidak hanya pelajar Lampung saja yang akan tersenyum, tetapi pelajar di kota-kota lain yang menjadi titik gerakan positif ini. 


#BukuUntukIndonesia
#MenjadiLebihBaik
















Komentar

Ade ufi mengatakan…
Ooo itu giring nidji.. ade pikir tora.. hahaha.. btw baru tau deh kalau Lampung itu simbolis dari pulau Sumatra. Lama gede di Lampung malah ga tau yg kaya gini ^_^
Nita Lana Faera mengatakan…
Alhamdulillah sebagai pengguna BCA untuk menyimpan sedikit recehan, hahah... ikut senang kalau BCA juga berbagi rezeki untuk yg membutuhkan, apalagi di bidang pendidikan. Moga makin banyak daerah2 lain yg juga dikasih.
Febrianty mengatakan…
Wkwkwk, simbolis buat penyerahan program berbagi bukunya dari BCA mbak hehe
Febrianty mengatakan…
Nah toss kita, akupun juga nyimpen uang di BCA hehe. Aamiin semoga makin banyak ya donatur yang menyisihkan sebagian rejekinya buat anak2 supaya suka membaca buku