Langsung ke konten utama

Yuk Mengenal Prinsip Investasi Yang Benar, Supaya Terhindar Dari Investasi Bodong


Hai teman-teman, sudah siapkah kita untuk menatap masa depan? *asyikk πŸ˜…. 

Eits perlu loh menyiapkan masa depan supaya kita sejahtera itu sedari dini. Karena semakin kita menyiapkan sejak dini, maka semakin murah biaya yang harus kita siapkan. Nah, saatnya kita siapkan masa depan dengan baik dong, salah satunya dengan cara investasi. 

Sudah tahu dong pastinya, apa itu investasi? nah pengertian sederhananya. Investasi itu adalah suatu alat terbaik yang membantu kita untuk dapat meraih tujuan jangka panjang. Jadi dengan menyiapkan investasi yang baik, kita akan lebih tenang menghadapi masa yang akan datang. 

Nah, belajar tentang keuangan dan hal-hal yang berbau investasi itu ternyata bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja lho. Seperti saya, pada tanggal 3 Oktober 2017 lalu bertempat di Mendjangan Resto Jakarta Selatan bersama Ibu Berbagi Bijak dan juga Visa belajar tentang Investasi. 

investasi, ibuberbagi bijak, Prita Ghozie, Keuangan, Kumpulan emak Blogger

Sebenarnya ini adalah pertemuan ketiga, antara belajar saya ditemani oleh Visa dan Ibu Berbagi Bijak. Karena di pertemuan pertama, kami belajar tentang Financial Check Up dan di pertemuan kedua belajar tentang Budgetting & Planning (mengatur anggaran). Tujuan dari diadakannya workshop ini adalah untuk memberikan edukasi seputar keuangan kepada setiap wanita terlebih untuk mendapatkan pengetahuan seputar keuangan. 

Yukk, lanjut... jadi di pertemuan resto yang suasananya asyik dan santai ini. Kami pun dipertemukan dengan narasumber yang sudah tidak asing lagi yaitu financial educator mbak Prita Ghozie. Sebagai CEO sekaligus Financial Planner ZAP Finance ini pastinya mbak Prita memiliki pengalaman yang cukup banyak dong tentang serba serbi keuangan, termasuk Investasi. 

investasi, ibuberbagi bijak, Prita Ghozie, Keuangan, Kumpulan emak Blogger
(Pict By Ratna Dewi Me)  Bersama Mbak Prita Ghozie
PRINSIP INVESTASI
Well, pasti sudah pada penasaran kan dengan prinsip investasi? Apa saja sih yang harus diperhatikan dan diperlukan dalam berinvestasi secara cerdas itu. Simak yuk tulisanfebri selanjutnya hehe.

Investasi, kumpulan emak blogger, prita ghozie, investasi bodong

1. PAHAMI PROFIL RESIKO INVESTASI
Yap, disini kita harus bisa melihat profil resiko dari seorang investor. Ada tipe investor yang menyukai investasi bersifat konservatif, investasi moderat dan juga investasi agresif. Kemaren kamipun juga disuguhi sebuah gambar yang terkait dengan ini. Seperti susu perah atau sapi perah yang menghasilkan banyak susu. 

Nah, mbak Prita disini ingin menunjukkan bahwa kita lebih memilih memelihara dan memiliki sapi atau hanya mengandalkan dari susu perah sapi saja. Jika kita sudah menjadi seorang pensiun sebaiknya hanya menikmati hasil dari susu perah karena tingga menunggu saja hasilnya. Sementara jika kita ada di usia produktif, sebaiknya berinvestasi dengan sapi perah yang pastinya akan lebih banyak menghasilkan dong. 

2. TENTUKAN JANGKA WAKTU
Di point investasi ini ada 3 tahapan besar yang harus kita garis bawahi. Ada tujuan keuangan, horison waktu dan juga sumber daya.  Nah jangan lupa berbicara dengan jangka waktu ada satu hal nih yang harus kita antisipasi yaitu nilai INFLASI yang akan terus naik sekitar 10% setiap bulannya. Untuk itulah investasi sedari dini perlu kita persiapkan temans πŸ˜….

Oia di sesi ini, mbak Prita mengajak kami untuk mengikuti games sederhana yang menguji perhitungan. Jadi di dalam sebuah slide ada beberapa item daftar belanjaan. Dan kita diminta menebak keseluruhan total harganya untuk 3 tahun mendatang. Yess dan saya pun berhasil menjadi pemenang karena menebak persis sesuai kunci jawaban hehe. Karena angka yang saya tulis sebesar Rp 135.000. Hanya terpaut Rp 310 dari jawaban sesungguhnya. Alhasil semua produk yang saya tebak itu berhasil saya bawa pulang yeayyy πŸ‘πŸ‘.


3. RAGAMKAN HARTA INVESTASI
Selanjutnya prinsip investasi yang lain adalah dengan melihat beberapa hal dibawah ini seperti investasi yang bersifat sebagai save (ada deposit, tabungan, rekening pasar uang yang semuanya akn tumbuh secara lambat) , invest (ada saham, obligasi, dan real estate) dan juga investasi yang bersifat speculate (day trading : proses perdagangan atau trading yang dilakukan dan selesai dalam sehari. Artinya saham dijual dan dibeli dalam hari yang sama).

Lalu jika kita memiliki LM (Logam Mulia) dan juga property maka akan termasuk ke dalam aset fisik. Sementara surat berharga termasuk di dalamnya ada deposito, obligasi, saham, reksa dana. Dan usaha Franchise termasuk ke dalam tipe bisnis.

4. LAKUKAN INVESTASI SECARA BERTAHAP DAN BERKALA
So jika kita melakukan investasi secara rutin, dan dilakukan secara bertahap. Maka akan memudahkan kita mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Berinvestasi itu, menurut mbak Prita tidak harus dilakukan dalam jumlah besar lho guys. Cukup dimulai dengan angka kecil seperti membeli saham yang dijual dengan harga seratusan ribu rupiah. Hemm saya pun langsung tergoda, dan akan kepo nih dengan bank sebagai penjualnya. 

Investasi, kumpulan emak blogger, prita ghozie, investasi bodong

Sebenarnya dalam melakukan investasi pun bisa memiliki resiko, namun jika kita melakukan investasi dengan lamanya jangka waktu maka dapat meminimalisir resiko investasi. Pastinya kita pernah kan mendengar quote yang berbunyi. Jangan menaruh telur ke dalam satu keranjang yang sama, setuju banget nih. Karena menurut mbak Prita resiko investasi dapat diminimalisir jika kita menyimpan investasi ke dalam banyak ragam dan tidak satu tempat yang sama.

5. EVALUASI DAN LAKUKAN PERUBAHAN ALOKASI
Well yang terakhir menjadi prinsip investasi ini menurut mbak Prita adalah adanya evaluasi yang kita lakukan atas investasi yang sudah ditanamkan. Karena jangan sampai dana yang sudah kita investasikan menjadi korban dari investasi bodong. Karena biasanya mereka yang terjebak dalam investasi bodong ini adalah mereka yang suka tergiur dengan iming-iming investasi dengan hasil yang menggiurkan. 

Ada beberapa tips nih dari mbak Prita yang bisa dilakukan supaya terhindar dari Investasi bodong, yaitu : 
  • Jangan tergiur imbal hasil besar dan pasti. Semua investasi pasti ada resiko dan hasilnya tidak dapat dijamin.
  • Periksa juga legalitas dan ijin perusahaan yang menawarkan ke Otoritas Jasa Keuangan.
  • Skema investasi harus jelas. Darimana potensi keuangan didapatkan.
  • Hati-hati dengan money game, arisan berantai, tawaran investasi kebun ABC dll
Jangan lupa juga untuk tetap menyimpan uang 30% dari gaji untuk tabungan dan 30% dari gaji untuk investasi. Sehingga kebutuhan kita di masa kini dan masa yang akan datang tetap dapat terpenuhi. So dengan berakhirnya pemaparan dari mbak Prita tentang 5 hal prinsip investasi yang benar, maka mengakiri pula workshop seputar literasi keuangan yang bermanfaat banget ini. 
Investasi, kumpulan emak blogger, prita ghozie, investasi bodong
Pict By MakPon KEB
Dan, silahkan memilih jenis investasi sendiri ya teman-teman. Bersama dengan Ibu Berbagi Bijak yang selalu memberikan banyak pencerahan tentang keuangan. Yuk cek IG nya di @ibuberbagibijak untuk tahu lebih lanjut seputar keuangan. So, mau milih investasi jangka pendek seperti tabungan bank, deposito, forex trading atau saham. Atau bisa juga memilih investasi jangka panjang seperti emas, asuransi, tanah & bangunan, reksa dana nih? yang jelas harus tetap memperhatikan prinsip investasi yang benar ya guys. 

Terimakasih Ibu Berbagi Bija, Visa dan pastinya Kumpulan Emak Blogger atas ilmu kecenya hari ini. Saya pun bisa paham akan pentingnya investasi yang harus segera saya siapkan nih untuk masa depan kedua lelaki kecil yang menjadi amanahNya. Selamat berinvestasi teman-teman dan hati-hati ya jangan sampai terkena imbas dari investasi bodong yang pastinya merugikanπŸ˜†. Dan akan selalu kangen dengan workshop keuangan yang sudah saya ikuti ke tiga kalinya ini bareng dengan Ibu Berbagi Bijak. 

Bersama Mbak Ade Hapsari Director Corporate Communication Visa












Komentar

  1. Iya kalau investasi harus lihat legalitasnya dulu ya. Banyak yg tergiur untung besar malah hasilnya nol, bukan cuma nol.. minus malah. Sekarang pinter2 pelajari dulu deh investasinya kayak apa. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya betull banget Umi. Untuk itulah perlunya punya wawasan tentang investasi yang benar hehe

      Hapus
  2. aaah kamu hebat deh mbak bisa menebak harga belanjaan. Suka belanja di mart mart itu yaaa

    BalasHapus
  3. Setelah baca tulisan ini jadi makin pengen investasi di berbagai bidang deh, semoga bisa dan kesampaian ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, yuk ditunggu kabar gembiranya ya

      Hapus
  4. blm nyobain saham ato reksadana, sementara investasi di LM + tabungan bank + asuransi ... ibu masa kini beneran kudu bijak dan pintar berinvestasi ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betull, akupun juga belum nyoba saham atau reksadana. Tapi bisa lah ya dicoba hehe, betul banget mesti bijak dan pinter ya dalam segala hal termasuk investasi

      Hapus
  5. Suka banget sama materi dan cara penjelasannya dari mbak Prita jadi bisa diaplikasiin jadi semangat berinvestasi deh untuk masa depan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, akupun berasa mendapat pencerahan saat mbak Prita memberikan penjelasan baru hehe

      Hapus
  6. Saya pernah tuh ditawarin ikut arisan berantai. Cuma, karena ngga mudeng2 sama caranya saya nolak. Untung deh waktu itu nolak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya bener mbak. Ada hikmahnya ya jadi terhindar deh dari investasi bodong macam itu

      Hapus
  7. Mbak aku jd penasaran saham yg seharga ratusan ribu rupiah itu gmn "cara mainnya"? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixi, ada kog mbak coba deh cek di bank kesayangan wkwk

      Hapus
  8. Weh asyik lah dapet bonus kantongan belanjaan ya, haha... Oh deposito itu masuknya masih di investasi jangka pendek ya. Emas memang sih ya investasi yg paling gampang jualnya andai butuh uang, asal simpannya pun hati2.

    Investasi angin sorga macam money game dan sejenisnya, entah kenapa gua ga tertarik. Efek kebanyakan su'udzon apa yah, haha... rasanya ga percaya aja dan lagi lebih suka yg hasil usaha, ada perjuangannya. Franchise juga bagus asal jangan yg musiman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy iya alhamdulilah rejeki wkwk. Hooh bener banget Miss, perjuangan atas suatu usaha emang lebih meyakinkan ya ketimbang ikutan investasi yang ga jelas kayak gitu. Makanya kita harus banyak-banyak belajar emang ya dari manapun dan kapanpun. Apalagi menyangkut keuangan

      Hapus
  9. Wiiih ada foto kita pas menang niiih :)

    Aku masih ngakak kalo inget kejadian kita pulang abis dari event ini. Hihihi maaf oot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAhaha hooh ya gokil habis wkwkkw. Ngobrol pertama yang menyenangkan denganmu Blogger cantik xixi

      Hapus
  10. Dalam berinvestasi memang kudu pinter ya, memilih dan memilah sesuai yg dibutuhkan. Kalau ikut acara begini jadi udah oaham investasi mana aja yg aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget Teh hehe, acaranya bermanfaat banget ya

      Hapus
  11. Jadi tahu investasiku beberapa ga tepat, hiks

    BalasHapus
  12. makasih sharingnya, semua itu demi gak ketipu

    BalasHapus
  13. Harus teliti banget untuk mengecek dan memeriksa keabsahan investasi yg ingin kita lakukan spy ngga kecewa dan salah langkah.

    BalasHapus
  14. Semakin terbuka lebar wawasan ttg ilmu Investasi.. Jadi jgn berkecil hati yaa Ka, karna harga investasi ada jg yg harganya mulai dr Rp. 100.000.

    Yang penting konsisten dan cocok dengan kebutuhan kita. Kalau aku sendiri minatnya mau bangun kos2an atau kontrakan niyy.. Aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga cita-citanya terkabul. Yuk mulai sekarang kita berinvestasi dengan bijak dan baik dong pastinya

      Hapus
  15. Penting banget utk lebih perduli peesiapan di masa mendatang. Investasi memang sudah harus dipersiapkan sedini mungkin, tp tetep harus teliti ya dalan memilah-milahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, setuju memilih dan memilah itu penting. Apalagi untuk investasi yang ga boleh sampai salah langkah

      Hapus
  16. Jangka waktu dalam berinvestasi perlu diperhatikan ya kak. Jangan sampai terkena investasi bodong deh

    BalasHapus
  17. Seneng deh itu ngeliat lokasi acaranya di foto...

    Sekarang, mmg wajib bgt sih belajar investasi, biar tahu setidaknya, apakagi terjun dan bermain investasi, biar makin 'kekinian'

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kekiniannya ga boleh ketinggalan yak wkwkkw

      Hapus

Posting Komentar

Saya senang jika kalian berkenan meninggalkan komentar dan tidak meninggalkan link hidup ya. Maaf, kolom komentar sekarang dimoderasi. Terimakasih atas kunjungannya dan insyaallah saya akan berkunjung balik. Terimakasih sudah mampir ^-^

Artikel Paling Dicari

Ada Yang Baru Nih dari Vitacimin, Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow

Hai teman-teman. Pasti sudah pada kenal kan sama yang namanya Vitacimin? tablet hisap yang rasanya asem-asem manis dan bikin ketagihan karena mengandung banyak vitamin yang bermanfaat. Yapp tanggal 28 april 2017, berlokasi di MNC Studio Tower 3 saya mendapatkan undangan untuk menghadiri peluncuran Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow sebagai varian tambahan baru dalam produk Vitacimin yang sudah beredar di pasaran.

Oia Vitacimin ini diproduksi oleh PT. Takeda Kyoto, Jepang ya, yang sudah dikenal memiliki standart kualitas yang tinggi. Ssttt tahu ga teman-teman, kalau ini perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1971 dengan menyediakan Vitacimin yang merupakan suplemen dalam bentuk vitamin C. Dan bisa kita dapatkan di pasaran atau apotek-apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. 


ACARA PELUNCURAN VITACIMIN WHITE DAN VITACIMIN NUTRIGLOW Nah, sekarang PT Takeda berinovasi lagi nih dengan menghadirkan 2 varian barunya. Nama varian barunya itu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Oia s…

JAKARTA AQUARIUM, WAHANA EDUKATIF SENSASI DALAM LAUT DI TENGAH KOTA

Kadang suka galau dan bingung ya mencarikan tempat bermain anak yang edukatif, yang tidak hanya memberikan kesenangan semata pada si kecil. Tapi juga memberikan suatu wacana atau memberikan nilai edukatif tersendiri. 
Bosan dengan wahana bermain anak yang itu-itu saja, main yuk ke sini JAKARTA AQUARIUM. Wow namanya πŸ˜ƒ membayangkan seperti aquarium raksasa dong hehe. Well tak kenal maka tak sayang, kenalan yuk sama wahana edukasi yang baru ini, letaknya ga jauh kog. Ada di Jakarta Barat tepatnya di dalam lantai LG 101 - LGM 101 Mall Neo Soho di kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park. 
Awalnya saya juga bingung nih, sebenarnya tempatnya  seperti apa sih? kog bisa dinamakan Jakarta Aquarium. Yuk simak uraian berikut ya : Jakarta Aquarium adalah lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia).
Karena merupakan lembaga konservasi Ex - Situ (usaha pelestarian alam yang dilakuk…

Review Express Digital Printing Tangerang, Butuh Cetak Cepat dan Ekonomis disinilah Tempatnya

Seiring dengan canggihnya tekhnologi dalam dunia cetak instan, maka semakin cepat juga waktu penyelesaian tugas kita. Di kota Tangerang tempat ini terkenal banget oleh banyak orang baik itu masyarakat umum ataupun para awak yg berkecimpung di dunia percetakan (tukang percetakan maksudnya hehe). 
Dan saya pun tahunya juga dari tetangga yang sukses memiliki usaha percetakan sendiri di gang Pentil (gangnya dunia percetakan). Sehingga tahu sedikit dan makin mengerti bagaimana proses dari awal sampai akhir caranya membuat ini dan itu yang berkaitan dengan dunia cetak mencetak. Memang marketing yang mudah, murah dan mengena adalah "dari mulut ke mulut" selama customer memiliki rasa kepuasan tersendiri.
Well buat yang sudah penasaran apa itu cetak instan bisa langsung datang ke tempat ini loh, dijamin puas dengan harga yang relatif terjangkau. Pelayanan ya lumayan lah untuk CS penerima ordernya, kalo kasir biasa biasa saja senyumnya bisa dibilang terpaksa, ya maklum saja karena temp…

Pilah Pilih TK Cipondoh Tangerang Yuk

Tahun ajaran baru memang masih 4 bulan lagi, tapi saya dan sohib berburu saya mama Queen untuk anak ke2 nya Malik yang usianya sebaya dengan adek Jo, kami sudah sibuk selancar hunting sana hunting sini buat milih sekolah. Pertimbangan kami adalah sekolah yang tidak begitu jauh jaraknya dari rumah dan menanamkan nilai-nilai islam sebagai dasar dan pola pengajarannya.

Yupp 2 hari hunting menghasilkan tulisan blog kali ini. Buat para Bunds yang sedang bingung (sama seperti saya hehehehe) mencari dan memilih sekolah buat si kecil yukkk simak lebih lanjut. Yess terhitung, pertanggal 19 Januari ini adek Jo berumur 4 tahun berarti pas ajaran baru sekitar 4 tahun 6 bulan usianya. 

Saatnya masuk TK dong? Yoii kan umurnya sekolah, sekarang adek Jo mengisi kesibukannya dengan ikut bunda sekolah. Jadi mak nya ngajar, anaknya ikutan sekolah hehe (praktis kan...jurus yang banyak dilakukan bu guru di luar sana pastinya).
Ada 4 sekolah yang kami survey dan 3 diantaranya ada di lokasi seputaran perumaha…

Enaknya Bakso Bang Amin Komplek Garuda Tangerang

Siang tadi, untuk kesekian kalinya mampir ke bakso Amin Garuda. Setelah capek muter2 survey sekolah adek Jo, karena kebetulan ada satu TK yang jadi korban survey kami berlokasi di komplek yang bernama Garuda juga (dibahas terpisah ya xixixixi). 

Kemaren, Senin 14 desember 2015 jam 10.30 an juga sempet mampir sih ke bakso garuda juga cuma dari jauh kira-kira jarak 50 meter, mobil juga belum sempet parkir sudah diteriakin sama tukang parkirnya "Habis.....Habissssss"yahhh dengan menyesal kami bertiga cabut puter balik dah sambil menyimpan rasa penasaran teman saya yg belum pernah kesitu "kayak apa sih rasanya, penasaran aku, kog jam segini sudah habis"(colek Bundsul hehe)panggilan kesayangan mamanya teman mas Gav di SD.     

Akhirnya siang tadi saya berhasil ketemu dah, sama tuh bakso yang sudah terkenal banget. Saking terkenalnya dimana ada komunitas para bunda walimurid TK, SD, SMP atau SMA di kawasan kota Tangerang atau para PNS, pegawai, anak remaja sampai tetangga …