Yuk Mengenal Prinsip Investasi Yang Benar, Supaya Terhindar Dari Investasi Bodong


Hai teman-teman, sudah siapkah kita untuk menatap masa depan? *asyikk 😅. 

Eits perlu loh menyiapkan masa depan supaya kita sejahtera itu sedari dini. Karena semakin kita menyiapkan sejak dini, maka semakin murah biaya yang harus kita siapkan. Nah, saatnya kita siapkan masa depan dengan baik dong, salah satunya dengan cara investasi. 

Sudah tahu dong pastinya, apa itu investasi? nah pengertian sederhananya. Investasi itu adalah suatu alat terbaik yang membantu kita untuk dapat meraih tujuan jangka panjang. Jadi dengan menyiapkan investasi yang baik, kita akan lebih tenang menghadapi masa yang akan datang. 

Nah, belajar tentang keuangan dan hal-hal yang berbau investasi itu ternyata bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja lho. Seperti saya, pada tanggal 3 Oktober 2017 lalu bertempat di Mendjangan Resto Jakarta Selatan bersama Ibu Berbagi Bijak dan juga Visa belajar tentang Investasi. 

investasi, ibuberbagi bijak, Prita Ghozie, Keuangan, Kumpulan emak Blogger

Sebenarnya ini adalah pertemuan ketiga, antara belajar saya ditemani oleh Visa dan Ibu Berbagi Bijak. Karena di pertemuan pertama, kami belajar tentang Financial Check Up dan di pertemuan kedua belajar tentang Budgetting & Planning (mengatur anggaran). Tujuan dari diadakannya workshop ini adalah untuk memberikan edukasi seputar keuangan kepada setiap wanita terlebih untuk mendapatkan pengetahuan seputar keuangan. 

Yukk, lanjut... jadi di pertemuan resto yang suasananya asyik dan santai ini. Kami pun dipertemukan dengan narasumber yang sudah tidak asing lagi yaitu financial educator mbak Prita Ghozie. Sebagai CEO sekaligus Financial Planner ZAP Finance ini pastinya mbak Prita memiliki pengalaman yang cukup banyak dong tentang serba serbi keuangan, termasuk Investasi. 

investasi, ibuberbagi bijak, Prita Ghozie, Keuangan, Kumpulan emak Blogger
(Pict By Ratna Dewi Me)  Bersama Mbak Prita Ghozie
PRINSIP INVESTASI
Well, pasti sudah pada penasaran kan dengan prinsip investasi? Apa saja sih yang harus diperhatikan dan diperlukan dalam berinvestasi secara cerdas itu. Simak yuk tulisanfebri selanjutnya hehe.


Investasi, kumpulan emak blogger, prita ghozie, investasi bodong


1. PAHAMI PROFIL RESIKO INVESTASI
Yap, disini kita harus bisa melihat profil resiko dari seorang investor. Ada tipe investor yang menyukai investasi bersifat konservatif, investasi moderat dan juga investasi agresif. Kemaren kamipun juga disuguhi sebuah gambar yang terkait dengan ini. Seperti susu perah atau sapi perah yang menghasilkan banyak susu. 

Nah, mbak Prita disini ingin menunjukkan bahwa kita lebih memilih memelihara dan memiliki sapi atau hanya mengandalkan dari susu perah sapi saja. Jika kita sudah menjadi seorang pensiun sebaiknya hanya menikmati hasil dari susu perah karena tingga menunggu saja hasilnya. Sementara jika kita ada di usia produktif, sebaiknya berinvestasi dengan sapi perah yang pastinya akan lebih banyak menghasilkan dong. 

2. TENTUKAN JANGKA WAKTU
Di point investasi ini ada 3 tahapan besar yang harus kita garis bawahi. Ada tujuan keuangan, horison waktu dan juga sumber daya.  Nah jangan lupa berbicara dengan jangka waktu ada satu hal nih yang harus kita antisipasi yaitu nilai INFLASI yang akan terus naik sekitar 10% setiap bulannya. Untuk itulah investasi sedari dini perlu kita persiapkan temans 😅.

Oia di sesi ini, mbak Prita mengajak kami untuk mengikuti games sederhana yang menguji perhitungan. Jadi di dalam sebuah slide ada beberapa item daftar belanjaan. Dan kita diminta menebak keseluruhan total harganya untuk 3 tahun mendatang. Yess dan saya pun berhasil menjadi pemenang karena menebak persis sesuai kunci jawaban hehe. Karena angka yang saya tulis sebesar Rp 135.000. Hanya terpaut Rp 310 dari jawaban sesungguhnya. Alhasil semua produk yang saya tebak itu berhasil saya bawa pulang yeayyy 👏👏.



3. RAGAMKAN HARTA INVESTASI
Selanjutnya prinsip investasi yang lain adalah dengan melihat beberapa hal dibawah ini seperti investasi yang bersifat sebagai save (ada deposit, tabungan, rekening pasar uang yang semuanya akn tumbuh secara lambat) , invest (ada saham, obligasi, dan real estate) dan juga investasi yang bersifat speculate (day trading : proses perdagangan atau trading yang dilakukan dan selesai dalam sehari. Artinya saham dijual dan dibeli dalam hari yang sama).

Lalu jika kita memiliki LM (Logam Mulia) dan juga property maka akan termasuk ke dalam aset fisik. Sementara surat berharga termasuk di dalamnya ada deposito, obligasi, saham, reksa dana. Dan usaha Franchise termasuk ke dalam tipe bisnis.

4. LAKUKAN INVESTASI SECARA BERTAHAP DAN BERKALA
So jika kita melakukan investasi secara rutin, dan dilakukan secara bertahap. Maka akan memudahkan kita mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Berinvestasi itu, menurut mbak Prita tidak harus dilakukan dalam jumlah besar lho guys. Cukup dimulai dengan angka kecil seperti membeli saham yang dijual dengan harga seratusan ribu rupiah. Hemm saya pun langsung tergoda, dan akan kepo nih dengan bank sebagai penjualnya. 

Investasi, kumpulan emak blogger, prita ghozie, investasi bodong

Sebenarnya dalam melakukan investasi pun bisa memiliki resiko, namun jika kita melakukan investasi dengan lamanya jangka waktu maka dapat meminimalisir resiko investasi. Pastinya kita pernah kan mendengar quote yang berbunyi. Jangan menaruh telur ke dalam satu keranjang yang sama, setuju banget nih. Karena menurut mbak Prita resiko investasi dapat diminimalisir jika kita menyimpan investasi ke dalam banyak ragam dan tidak satu tempat yang sama.

5. EVALUASI DAN LAKUKAN PERUBAHAN ALOKASI
Well yang terakhir menjadi prinsip investasi ini menurut mbak Prita adalah adanya evaluasi yang kita lakukan atas investasi yang sudah ditanamkan. Karena jangan sampai dana yang sudah kita investasikan menjadi korban dari investasi bodong. Karena biasanya mereka yang terjebak dalam investasi bodong ini adalah mereka yang suka tergiur dengan iming-iming investasi dengan hasil yang menggiurkan. 

Ada beberapa tips nih dari mbak Prita yang bisa dilakukan supaya terhindar dari Investasi bodong, yaitu : 
  • Jangan tergiur imbal hasil besar dan pasti. Semua investasi pasti ada resiko dan hasilnya tidak dapat dijamin.
  • Periksa juga legalitas dan ijin perusahaan yang menawarkan ke Otoritas Jasa Keuangan.
  • Skema investasi harus jelas. Darimana potensi keuangan didapatkan.
  • Hati-hati dengan money game, arisan berantai, tawaran investasi kebun ABC dll
Jangan lupa juga untuk tetap menyimpan uang 30% dari gaji untuk tabungan dan 30% dari gaji untuk investasi. Sehingga kebutuhan kita di masa kini dan masa yang akan datang tetap dapat terpenuhi. So dengan berakhirnya pemaparan dari mbak Prita tentang 5 hal prinsip investasi yang benar, maka mengakiri pula workshop seputar literasi keuangan yang bermanfaat banget ini. 
Investasi, kumpulan emak blogger, prita ghozie, investasi bodong
Pict By MakPon KEB
Dan, silahkan memilih jenis investasi sendiri ya teman-teman. Bersama dengan Ibu Berbagi Bijak yang selalu memberikan banyak pencerahan tentang keuangan. Yuk cek IG nya di @ibuberbagibijak untuk tahu lebih lanjut seputar keuangan. So, mau milih investasi jangka pendek seperti tabungan bank, deposito, forex trading atau saham. Atau bisa juga memilih investasi jangka panjang seperti emas, asuransi, tanah & bangunan, reksa dana nih? yang jelas harus tetap memperhatikan prinsip investasi yang benar ya guys. 

Terimakasih Ibu Berbagi Bija, Visa dan pastinya Kumpulan Emak Blogger atas ilmu kecenya hari ini. Saya pun bisa paham akan pentingnya investasi yang harus segera saya siapkan nih untuk masa depan kedua lelaki kecil yang menjadi amanahNya. Selamat berinvestasi teman-teman dan hati-hati ya jangan sampai terkena imbas dari investasi bodong yang pastinya merugikan😆. Dan akan selalu kangen dengan workshop keuangan yang sudah saya ikuti ke tiga kalinya ini bareng dengan Ibu Berbagi Bijak. 


Bersama Mbak Ade Hapsari Director Corporate Communication Visa












Komentar

Ade ufi mengatakan…
Iya kalau investasi harus lihat legalitasnya dulu ya. Banyak yg tergiur untung besar malah hasilnya nol, bukan cuma nol.. minus malah. Sekarang pinter2 pelajari dulu deh investasinya kayak apa. ^_^
Helenamantra mengatakan…
aaah kamu hebat deh mbak bisa menebak harga belanjaan. Suka belanja di mart mart itu yaaa
Ratna Dewi mengatakan…
Setelah baca tulisan ini jadi makin pengen investasi di berbagai bidang deh, semoga bisa dan kesampaian ya.
Maria Soraya mengatakan…
blm nyobain saham ato reksadana, sementara investasi di LM + tabungan bank + asuransi ... ibu masa kini beneran kudu bijak dan pintar berinvestasi ya mak

Febrianty mengatakan…
Nah iya betull banget Umi. Untuk itulah perlunya punya wawasan tentang investasi yang benar hehe
Febrianty mengatakan…
xixixi, alhamdulilah kebetulan mbak
Febrianty mengatakan…
Aamiin, yuk ditunggu kabar gembiranya ya
Febrianty mengatakan…
nah betull, akupun juga belum nyoba saham atau reksadana. Tapi bisa lah ya dicoba hehe, betul banget mesti bijak dan pinter ya dalam segala hal termasuk investasi
Kania Safitri mengatakan…
Suka banget sama materi dan cara penjelasannya dari mbak Prita jadi bisa diaplikasiin jadi semangat berinvestasi deh untuk masa depan keluarga.
Dwina mengatakan…
Saya pernah tuh ditawarin ikut arisan berantai. Cuma, karena ngga mudeng2 sama caranya saya nolak. Untung deh waktu itu nolak....
April Hamsa mengatakan…
Mbak aku jd penasaran saham yg seharga ratusan ribu rupiah itu gmn "cara mainnya"? :D
Nita Lana Faera mengatakan…
Weh asyik lah dapet bonus kantongan belanjaan ya, haha... Oh deposito itu masuknya masih di investasi jangka pendek ya. Emas memang sih ya investasi yg paling gampang jualnya andai butuh uang, asal simpannya pun hati2.

Investasi angin sorga macam money game dan sejenisnya, entah kenapa gua ga tertarik. Efek kebanyakan su'udzon apa yah, haha... rasanya ga percaya aja dan lagi lebih suka yg hasil usaha, ada perjuangannya. Franchise juga bagus asal jangan yg musiman.
Lia Harahap mengatakan…
Wiiih ada foto kita pas menang niiih :)

Aku masih ngakak kalo inget kejadian kita pulang abis dari event ini. Hihihi maaf oot :D
Febrianty mengatakan…
Sama, akupun berasa mendapat pencerahan saat mbak Prita memberikan penjelasan baru hehe
Febrianty mengatakan…
Nah, iya bener mbak. Ada hikmahnya ya jadi terhindar deh dari investasi bodong macam itu
Febrianty mengatakan…
Yeayyy iya alhamdulilah rejeki wkwk. Hooh bener banget Miss, perjuangan atas suatu usaha emang lebih meyakinkan ya ketimbang ikutan investasi yang ga jelas kayak gitu. Makanya kita harus banyak-banyak belajar emang ya dari manapun dan kapanpun. Apalagi menyangkut keuangan
Febrianty mengatakan…
HAhaha hooh ya gokil habis wkwkkw. Ngobrol pertama yang menyenangkan denganmu Blogger cantik xixi
Febrianty mengatakan…
xixi, ada kog mbak coba deh cek di bank kesayangan wkwk
Dalam berinvestasi memang kudu pinter ya, memilih dan memilah sesuai yg dibutuhkan. Kalau ikut acara begini jadi udah oaham investasi mana aja yg aman.
duniaeni.com mengatakan…
Jadi tahu investasiku beberapa ga tepat, hiks
Febrianty mengatakan…
Iya bener banget Teh hehe, acaranya bermanfaat banget ya
Febrianty mengatakan…
Hehe yuk ahh cari yang tepat
Tira Soekardi mengatakan…
makasih sharingnya, semua itu demi gak ketipu
catatanemak mengatakan…
Harus teliti banget untuk mengecek dan memeriksa keabsahan investasi yg ingin kita lakukan spy ngga kecewa dan salah langkah.
Evi Fadliah mengatakan…
Semakin terbuka lebar wawasan ttg ilmu Investasi.. Jadi jgn berkecil hati yaa Ka, karna harga investasi ada jg yg harganya mulai dr Rp. 100.000.

Yang penting konsisten dan cocok dengan kebutuhan kita. Kalau aku sendiri minatnya mau bangun kos2an atau kontrakan niyy.. Aamin
Sie-thi Nurjanah mengatakan…
Penting banget utk lebih perduli peesiapan di masa mendatang. Investasi memang sudah harus dipersiapkan sedini mungkin, tp tetep harus teliti ya dalan memilah-milahnya
Unknown mengatakan…
Jangka waktu dalam berinvestasi perlu diperhatikan ya kak. Jangan sampai terkena investasi bodong deh
Riyardiarisman mengatakan…
Seneng deh itu ngeliat lokasi acaranya di foto...

Sekarang, mmg wajib bgt sih belajar investasi, biar tahu setidaknya, apakagi terjun dan bermain investasi, biar makin 'kekinian'
Febrianty mengatakan…
Nah bener, setuju banget maks xixi
Febrianty mengatakan…
Aamiin, semoga cita-citanya terkabul. Yuk mulai sekarang kita berinvestasi dengan bijak dan baik dong pastinya
Febrianty mengatakan…
Nah, setuju memilih dan memilah itu penting. Apalagi untuk investasi yang ga boleh sampai salah langkah
Febrianty mengatakan…
Iya betul banget kakak
Febrianty mengatakan…
haha kekiniannya ga boleh ketinggalan yak wkwkkw